Friday, July 3, 2015

Jatuh Bangun Dalam Berniaga

Jatuh bangun dalam berniaga itu bukan hanya sekedar biasa, tetapi justeru penting. Tidak ada sukses tampa kejatuhan lebih dahulu, dan nyaris kita katakan bahwa kejatuhan itu adalah sebuah keniscayaan bagi seseorang yang baru memulai berniaga. Jatuh bangun dalam berniaga itu ibarat naik kelas, atau setidaknya pelajaran baru dan sulit kita dapatkan ditempat lain. Jatuh bangun adalah pelajaran wajib, itulah kira kira inti kultum yang yang saya saya sampaikan dalam acara buka puasa bersama bagi para pensiunan di rumah Bapak Waser Sabtu 20 Juni 2015 yang lalu.

Ketika saya didaulat menyampaikan kultum saya katakan bahwa saya jika ditunjuk maka saya akan menyampaikan kultum tentng semanagat berniaga, ini karena memang program pokok kita adalah bertekad mengkampanyekan hidup berniaga bagi generasi muda. Maka saya akan menyampaikan seputar program itu, jia tidak disetujui maka silakan cari pembicara lain, kata saya sambil berguirau namun dihati serius. Kata yang lain silakan, dan kamipun memang sudah menebak anda pasti bicara seputar program kita.




Kebetulan dari 23 orang yang hadir setidaknya ada tiga orang yang saya tahu .telah mencoba berniaga setekah memasuki masa pensiun dan ketiganya saya lihat memang sangat tertarik dalam materi apa yang saya sampaikan.Tidak mengeharnkan kata saya karena hampir semua mereka yang sukses diawali dengan kegagalan. Jadi kegagalan itu adalah hal yang biasa. Yang luar biasa adalah kemauan dan kemampuan untuk bangkit lagi.

Kita harus pertahankan semangat kita, karena semangat itu adalah modal yang sesungguhnya,  modal kita itu awjatinya bukanlah uang, melainkan semangat, apalah artinya uang tampa semangat, tetapi jika memiliki semangat maka uang bisa dicari. Contoh kongkrit pebisnis yang tidak punya modal uang adalah Nabi Muhammad SAW. Modal beliau adalah semangat bekerja, jujur dan kreatif, dengan bermodalkan itu maka maka beliau yang semua hanya sebagai karyawan biasa, namun pada akhirnya menjadi pemilik perusahaan yang mampu mengkaryakan hampir seratus orang, dalam perjalanan perniagaan keluar negeri, yang telah dilakukannya berulang ulang.

Kejatuhan itu adalah pelajaran yang sangat berharga, jika hanya jatuh dalam permodalan itu bukanlah jatuh yang sebenarnya, tetapi bila yang jatuh itu adalah semangat maka berarti kita telah benar benar mengalami kejatuhan. Pertahankan impian anda, karena selama anda masih sanggup nermimpi, maka sejatinya anda adalah orang yang mampu melaksanakannya. 

No comments:

Post a Comment