Wednesday, May 7, 2014

Brain Gym (Senam Otak)



BAB I
A.      PENDAHULUAN
            Senam otak atau brain gym diciptakan oleh Dr. Paul Dennison dan Gail E. Dennison pada tahun 1970. Awalnya senam ini dibuat untuk sebagai metode untuk membantu anak-anak dan orang dewasa yang mengalami kesulitan belajar. Dalam perkembangannya gerakan-gerakan senam otak tidak hanya mampu menjadi solusi bagi orang-orang yang sulit belajar, tetapi juga meningkatkan fungsi otak, fungsi tubuh, dan aplikasi kinesiology.
            Aplikasi kinesiology merupakan aplikasi/penerapan gerakan-gerakan tubuh yang mempunyai manfaat tertentu. Misalnya pemulihan dan pencegahan gejala penyakit tertentu. Gerakan-gerakan ini membuat segala macam pelajaran menjadi lebih mudah, dan terutama sangat bermanfaat bagi kemampuan akademik.
Brain gym ini bisa dilakukan oleh segala umur yaitu anak – anak , lansia, dewasa maupun remaja. Brain gym atau olahraga otak sama pentingnya seperti olahraga tubuh. Selama ini orang lebih memelihara kebugaran fisik dibandingkan otak. Padahal otak merupakan pusat dari kontrol segala aktivitas manusia. Otak juga memerlukan latihan untuk menjaga kualitas kesehatan otak yaitu salah satunya mencegah adanya gangguan dalam intelegensi dan daya ingat. Brain gym banyak digunakan sebagai metode pelatihan pada anak untuk meningkatkan daya ingat dalam belajar. Pada anak-anak dalam masa pertumbuhan bisa memberikan efek yang baik dalam perkembangan otak dan tumbuh kembangnya.
Selama ini hanya timbul persepsi bahwa otaklah yang mengendalikan semua bagian tubuh. Namun, justru dengan bergerak juga memberikan efek stimulan terhadap pertumbuhan saraf. Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa dengan melakukan olahraga rutin akan menstimulasi perkembangan otak menurut Henry Remanly, instruktur brain gym yang mendapat lisensi dari International Kinesiology College, California, AS.
B.      TUJUAN
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah agar pembaca dapat mengidentifikasikan serta mengetahuin tentang brain gym, seperti :
a.      Mengetahui apa itu brain gym
b.      Mengetahui apa tujuan dari brain gym
c.       Mengetahui apa manfaat  dan kelebihan brain gym
d.      Mengetahui indikasi brain gym
e.      Mengetahui dan memahami apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mekalukan latihan brain gym
f.        Mengetahui prosedur pelaksaan brain gym dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

BAB 2
A.      DEFINISI
Terapi Brain Gym adalah senam otak yang bertujuan untuk memicu otak agar tidak kehilangan daya intelektualnya dan awareness-nya. Senam otak adalah  senam ringan yang dilakukan dengan gerakan menyilang, agar terjadi harmonisasi dan optimalisasi kinerja otak kanan dan otak kiri. (Budhi, 2010). Sedangkan Brain gym menurut Dennison (2008) adalah program pelatihan otak yang dikembangkan oleh Paul E. Dennison dan Gail E. Dennison sejak tahun 1970. Program ini awalnya dirancang untuk mengatasi gangguan belajar pada anak-anak dan orang dewasa.
Brain Gym adalah serangkaian latihan gerak yang sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari. Brain Gym adalah serangkaian gerak sederhana yang menyenangkan dan digunakan para murid di Educational Kinesiology (Edu-K) untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka dengan menggunakan keseluruhan otak (Paul & Gail, 2002).
Gerakan-gerakan ini membuat segala macam pelajaran menjadi lebih mudah, dan terutama sangat bermanfaat bagi kemampuan akademik. Educational Kinesiology adalah suatu sistem yang dapat mengubah semua pelajar, umur berapa saja, dengan cara menarik keluar atau menampilkan potensi yang terkunci di dalam tubuhnya, melalui gerakan-gerakan sederhana yang memungkinkan orang menguasai bagian otak yang semula terkunci tersebut.
Menurut Dr. Ruswaldi Munir, Sp.KO., Brain gym tidak saja akan memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak, tetapi juga gerakan-gerakan yang bisa merangsang kerja dan berfungsinya otak secara optimal. Pada Brain gym akan didapatkan kebugaran otak yang ditandai dengan aliran darah menuju otak lancar atau pasokan Volume O2 maksimal memadai. Volume O2 maksimal merupakan kemampuan pengambilan oksigen oleh jantung dan paru-paru, sehingga aliran darah ke semua jaringan tubuh termasuk otak lebih banyak dan mempengaruhi otak untuk bekerja maksimal.
            Gerakan Brain Gym dibuat untuk menstimulasi (dimensi lateralitas), meringankan (dimensi pemfokusan), atau merelaksasi (dimensi pemusatan) siswa yang terlibat dalam situasi belajar tertentu. Otak manusia seperti hologram, terdiri dari tiga dimensi dengan bagian-bagian yang saling berhubungan sebagai satu kesatuan. Pelajaran lebih mudah diterima apabila mengaktifkan sejumlah panca indera daripada hanya diberikan secara abstrak saja. Akan tetapi otak manusia juga spesifik tugasnya, untuk aplikasi gerakan Brain Gym dipakai istilah dimensi lateralitas untuk belahan otak kiri dan kanan, dimensi pemfokusan untuk bagian belakang otak (batang otak atau brainstem) dan bagian depan otak (frontal lobes), serta dimensi pemusatan untuk sistem limbis (midbrain), dan otak besar (cerebral cortex).
            Paul Dennison, pelopor dalam bidang penelitian otak terapan menemukan bahwa urutan tertentu dari gerakan-gerakan lengan dan kaki akan memberikan sinyal pada otak untuk menyeimbangkan kegiatan-kegiatan belahan otak kanan dan kiri, membantu menguatkan integrasi dan komunikasi diantara keduanya. Gerakan-gerakan sederhana latihan senam otak (brain gym) dapat menyeimbangkan kembali fungsi-fungsi otak dan dapat mengisi ulang tenaga. (Barbara Prashnig, 2012)                 
B.      TUJUAN
Kegiatan brain gym bertujuan untuk mengintregasikan setiap bagian otak untuk membuka bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat. Ketidakselarasan kerja otak juga akan mengakibatkan anak mengalami berbagai hambatan, terutama pada proses belajar. Gerakan Brain Gym apabila dilakukan secara teratur dapat menurunkan kecemasan saat  menghadapi ujian, mengatasi lupa karena gugup, dan memberikan rasa tenang dan nyaman bagi anak.
C.      MANFAAT
Menurut Ayinosa (2009), selain dapat meningkatkan kemampuan belajar, Brain Gym dapat memberikan beberapa manfaat yaitu berupa: (1) Stress emosional berkurang dan pikiran lebih jernih; (2) Hubungan antarmanusia dan suasana belajar/kerja lebih relaks dan senang; (3) Kemampuan berbahasa dan daya ingat meningkat; (4) Orang menjadi lebih bersemangat, lebih kreatif, dan efisien; (5) Orang merasa lebih sehat karena stress berkurang; dan (6) Prestasi belajar dan bekerja meningkat.
Sedangkan menurut Fanny (2009), banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan Brain Gym. Gerakan-gerakan ringan dengan permainan melalui olah tangan dan kaki dapat memberikan rangsangan atau stimulus pada otak. Gerakan yang menghasilkan stimulus itulah yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif (kewaspadaan, konsentrasi, kecepatan, persepsi, belajar, memori, pemecahan masalah, dan kreativitas), menyelaraskan kemampuan beraktivitas dan berfikir pada saat yang bersamaan, meningkatkan keseimbangan atau harmonisasi antara kontrol emosi dan logika, mengoptimalkan fungsi kinerja panca indera, menjaga kelenturan dan keseimbangan tubuh, meningkatkan daya ingat dan pengulangan kembali terhadap huruf/angka (dalam waktu 10 minggu), meningkatkan ketajaman pendengaran dan penglihatan, mengurangi kesalahan membaca, memori, dan kemampuan komperhensif pada kelompok dengan gangguan bahasa, hingga mampu meningkatkan respon terhadap rangsangan visual.
Orang yang sulit belajar, akan berusaha terlalu keras sehingga terjadi stress di otak sehingga mekanisme integrasi otak melemah sehingga bagian-bagian otak tertentu kurang berfungsi. Mengatasi hal diatas dapat dilakukan dengan tes otot dan Brain Gym. Test otot berguna untuk mengetahui hambatan-hambatan di dalam tubuh yang berpengaruh pada kemampuan belajar dan daya tangkap. Brain Gym membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat sehingga kegiatan belajar atau bekerja dapat menggunakan seluruh otak atau whole brain learning (Ayinosa, 2009).
Brain Gym dapat mengaktifkan otak sehingga mampu berfungsi dengan lebih baik. Brain Gym telah diakui sebagai salah satu teknik belajar yang paling baik oleh “National Learning Foundation USA” (Ayinosa, 2009) karena Brain Gym ini memberikan keuntungan yaitu : (a) Memungkinkan belajar dan bekerja tanpa stress; (b) Dapat dilakukan dalam waktu singkat yaitu kurang dari 5 menit; (c) Tidak memerlukan bahan atau tempat yang khusus; (d) Dapat dipakai dalam semua situasi belajar/bekerja juga dalam kehidupan sehari-hari; (e) Meningkatkan kepercayaan diri; (f) Menunjukkan hasil dengan segera; (g) Sangat efektif dalam penanganan seorang yang mengalami hambatan dan stress belajar; (h) Memandirikan seorang dalam belajar dan mengaktifkan seluruh potensi dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang.
D.     INDIKASI
Brain gym dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Brain gym dapat dilakukan pada anak-anak usia sekolah yang mengalami kesulitan dalam menghapal angka/numerik/matematika. Brain gym ini juga dapat dilakukan pada lansia yang mengalami penurunan daya ingat atau demensia, juga pada lansia yang mengalami penyakit Alzheimer.
E.      PERSIAPAN PELAKSANAAN
1.      Brain gym dapat digabung atau dihantarkan dengan musik yang menyenangkan, berirama tenang atau disukai anak, sehingga membuat anak lebih rileks.
2.      Membuat situasi ruangan yang menyenangkan dan nyaman untuk anak
3.      Gunakan baju yang nyaman untuk bergerak.
4.      Karena tubuh kita 70% lebih mengandung air, maka minum air putih sebagai langkah pendahuluan sangat disarankan.
5.      Pemimpin kelompok/orangtua harus dalam keadaan rileks dan menyenangkan saat memberikan pelatihan kepada anak.
6.      Mintalah agar semua peserta duduk dalam lingkaran sehingga mereka bisa saling berhadapan, diatas lantai, atau kursi. Kemudian,  pemimpin kelompok memulai proses yang akan menjadi ritual.
F.       PROSEDURE PELAKSANAAN
1.      Waktu yang Dibutuhkan dalam Brain Gym   
Brain gym juga sangat praktis, karena bisa dilakukan di mana saja, kapan saja oleh siapa saja. Porsi latihan yang tepat adalah sekitar 10-15 menit, sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
2.      Batasan Usia dalam Brain Gym
Brain gym tidak saja berguna untuk anak-anak, juga dapat dilakukan oleh segala umur baik lansia, dewasa, maupun remaja.
3.      Aturan dalam Brain Gym
Menurut Ag Masykur & Fathani (2008), sebelum memulai brain gym harus menjalani PACE. PACE adalah empat keadaan yang diperlukan, untuk dapat belajar dan berpikir dengan menggunakan seluruh otak. PACE merupakan singkatan dari positif, aktif, clear (jelas), dan energetis. Untuk menjalankan PACE ini, harus memulainya dengan energetis (minum air), clear (melakukan pijat saklar otak), aktif (melakukan gerakan silang), positif (melakukan kiat rileks), dan dilanjutkan dengan gerakan-gerakan senam yang lain.
Brain Gym adalah gerakan repatterning yang memerlukan pengulangan dan konsentrasi. Sebaiknya lakukan 3 kali dalam sehari yang disesuaikan dengan rutinitas anak, misalnya pada saat pagi hari, sesudah mandi, siang hari sesudah istirahat siang, dan sore hari. Selain itu, di setiap gerakan juga terdapat pengulangan gerakan. Sebaiknya gerakan dilakukan dalam keadaan rileks. Hindari memaksa anak yang berakibat kehilangan minat.
Pada anak-anak, Brain gym bisa dilakukan dalam konteks bermain. Orang tua juga harus merasa nyaman, tenang, dan aman ketika memandu anak. Sehingga gerakan dapat mudah diikuti anak. Mulailah dengan langkah-langkah sederhana. Ajak anak mempelajari gerakan per gerakan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya pengulangan satu gerakan di minggu pertama, lalu gerakan berikutnya di minggu ke-2, dan sebagainya. 
Macam-macam Gerakan Brain Gym
Menuurut Denisson (2008,) otak dibagi ke dalam 3 ( tiga ) fungsi yaitu :
1.      Dimensi Lateralis
a.    Gerakan Silang (Cross Crawl)
Cara melakukan gerakan : Menggerakkan tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri dan kaki kiri dengan tangan kanan. Bergerak ke depan, ke samping, ke belakang, atau jalan di tempat. Untuk menyeberang garis tengah sebaiknya tangan menyentuh lutut yang berlawanan.
Fungsinya : Meningkatkan koordinasi kiri/kanan, memperbaiki pernafasan dan stamina, memperbaiki koordinasi dan kesadaran tentang ruang dan gerak, dan memperbaiki pendengaran dan penglihatan.
 Gambar  (1a)
                                                                Gerakan Silang (Cross Crawl)
b.    Delapan Tidur (Lazy 8)
Cara melakukan gerakan : Gerakan dengan membuat angka delapan tidur di udara, tangan mengepal dan jari jempol ke atas, dimulai dengan menggerakkan kepalan ke sebelah kiri atas dan membentuk angka delapan tidur. Diikuti dengan gerakan mata melihat ke ujung jari jempol. Buatlah angka 8 tidur 3 kali setiap tangan dan dilanjutkan 3 kali dengan kedua tangan.
Fungsinya : melepaskan ketegangan mata, tengkuk, dan bahu pada waktu memusatkan perhatian dan meningkatkan kedalaman persepsi, meningkatkan pemusatan, keseimbangan, dan koordinasi.
                                                                        Gambar (1b)
                                                                        8 Tidur (Lazy 8)
c.  Coretan Ganda (Double doodle)
Cara melakukan gerakan : Menggambar dengan kedua tangan pada saat yang sama, ke dalam, ke luar, ke atas dan ke bawah. Coretan ganda dalam bentuk nyata seperti : lingkaran, segitiga, bintang, hati, dan sebagainya. Lakukan dengan kedua tangan.
Fungsinya : kesadaran akan kiri dan kanan, memperbaiki penglihatan perifer, kesadaran akan tubuh, koordinasi, serta keterampilan khusus tangan dan mata, memperbaiki kemampuan olahraga, dan keterampilan gerakan.
Gambar (1c) : coretan ganda
2.     Dimensi Pemfokusan
a.    Burung Hantu (The Owl)
Cara melakukan gerakan : Urutlah otot bahu kiri dan kanan. Tarik napas saat kepala berada di posisi tengah, kemudian hembuskan napas ke samping atau ke otot yang tegang sambil relaks. Ulangi gerakan dengan tangan kiri.
Fungsinya : melepaskan ketegangan tengkuk dan bahu yang timbul karena stress, menyeimbangkan otot leher dan tengkuk (mengurangi sikap tubuh yang terlalu condong ke depan), dan menegakkan kepala (membantu mengurangi kebiasaan memiringkan kepala atau bersandar pada siku).
                                                            Gambar (2a)
                                                            Burung Hantu (the Owl)
b.    Mengaktifkan Tangan (The Active Arm)
Cara melakukan gerakan : luruskan satu tangan ke atas, tangan yang lain ke samping kuping memegang tangan yang ke atas. Buang napas pelan, sementara otot-otot diaktifkan dengan mendorong tangan keempat jurusan (depan, belakang, dalam, dan luar), sementara tangan yang satu menahan dorongan tersebut. Fungsinya : peningkatan fokus dan konsentrasi tanpa fokus berlebihan, pernafasan lebih lancar dan sikap lebih santai, dan peningkatan energi pada tangan dan jari.
    Gambar (2b)
Mengaktifkan Tangan (The Active Arm)
c.    Lambaian Kaki (The Footflex)
Cara melakukan gerakan : cengkeram tempat-tempat yang terasa sakit di pergelangan kaki, betis dan belakang lutut, satu persatu, sambil pelan-pelan kaki dilambaikan atau digerakkan ke atas dan ke bawah.
Fungsinya : sikap tubuh yang lebih tegak dan relaks, lutut tidak kaku lagi, dan kemampuan berkomunikasi dan memberi respon meningkat.
                                              Gambar (2c)
                                                   Lambaian Kaki (The Footflex)
d.    Luncuran Gravitasi (The Gravitational glider)
Cara melakukan gerakan: Duduk di kursi dan silangkan kaki. Tundukkan badan dengan tangan ke depan bawah, buang napas waktu turun dan ambil napas waktu naik. Ulangi 3 x, kemudian ganti kaki.
Fungsinya : merelaksasikan daerah pinggang, pinggul dan sekitarnya, tubuh atas dan bawah bergerak sebagai satu kesatuan.
 
Gambar (2d)
 Luncuran Gravitasi (The Gravitational glider)
e.    Pasang kuda-Kuda (Grounder)
Cara melakukan gerakan : Mulai dengan kaki terbuka. Arahkan kaki kanan ke kanan, dan kaki kiri tetap lurus ke depan. Tekuk lutut kanan sambil buang napas, lalu ambil napas waktu lutut kanan diluruskan kembali. Pinggul ditarik ke atas. Gerakan ini untuk menguatkan otot pinggul (bisa dirasakan di kaki yang lurus) dan membantu kestabilan punggung. Ulangi 3x, kemudian ganti dengan kaki kiri.
Fungsinya : keseimbangan dan kestabilan lebih besar, konsentrasi dan perhatian meningkat, dan sikap lebih mantap dan relaks.
                                              Gambar (2e)
                                                   Pasang kuda-Kuda (Grounder)
3.    Dimensi Pemusatan
a.    Air (Water)
Air merupakan pembawa energi listrik yang sangat baik. Dua per tiga tubuh manusia terdiri dari air. Air dapat mengaktifkan otak untuk hubungan elektro kimiawi yang efisien antara otak dan sistem saraf, menyimpan, dan menggunakan kembali informasi secara efisien. Minum air yang cukup sangat bermanfaat sebelum menghadapi test atau kegiatan lain yang menimbulkan stress. Kebutuhan air adalah kira-kira 2 % dari berat badan per hari.
Fungsinya : konsentrasi meningkat (mengurangi kelelahan mental), melepaskan stres, meningkatkan konsentrasi dan keterampilan sosial, kemampuan bergerak dan berpartisipasi meningkat, koordinasi mental dan fisik meningkat (mengurangi berbagai kesulitan yang berhubungan dengan perubahan neurologis).
Gambar (3a) air                                 
                                   
b.    Sakelar Otak (Brain Buttons)
Cara melakukan gerakan : Sakelar otak (jaringan lunak di bawah tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada), dipijat dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memegang pusar.
 Fungsinya: keseimbangan tubuh kanan dan kiri, tingkat energi lebih baik, memperbaiki kerjasama kedua mata (bisa meringankan stres visual, juling atau panoangan yang terus-menerus), dan otot tengkuk dan bahu lebih relaks.
                                              Gambar (3b)
                                              Sakelar otak (brain button)
c.    Tombol Bumi (Earth Buttons)
Cara melakukan gerakan : Letakkan dua jari dibawah bibir dan tangan yang lain  di pusar dengan jari menunjuk ke bawah. Ikutilah dengan mata satu garis dari lantai ke loteng dan kembali sambil bernapas dalam-dalam. Napaskan energi ke atas dan  ke tengah-tengah badan.
Fungsinya : kesiagaan mental (Mengurangi kelelahan mental), kepala tegak (tidak membungkuk), dan pasang kuda-kuda dan koordinasi seluruh tubuh.
Gambar (3c)
Tombol Bumi (Earth Buttons)
d.    Tombol imbang (Balance Buttons)
Cara melakukan gerakan : Sentuhkan 2 jari ke belakang telinga, di lekukan tulang bawah tengkorak dan letakkan tangan satunya di pusar. Kepala sebaiknya lurus ke depan, sambil nafas dengan baik selama 1 menit. Kemudian sentuh belakang kuping yang lain.
Fungsinya : perasaan enak dan nyaman, mata, telinga, dan kepala lebih tegak lurus pada bahu, dan mengurangi fokus berlebihan pada sikap tubuh
 
Gambar (3d)
Tombol imbang (Balance Buttons)
e.    Tombol Angkasa (Space Buttons)
Cara melakukan gerakan : Letakkan 2 jari di atas bibir dan tangan lain pada tulang ekor selama 1 menit, nafaskan energi ke arah atas tulang punggung.
 Fungsinya : kemampuan untuk relaks, kemampuan untuk duduk dengan nyaman, lamanya perhatian meningkat.

                                  Gambar (3e)
Tombol Angkasa (Space Buttons)
f.     Pasang Telinga (The Tinking Cap)
Cara melakukan gerakan: Pijit daun telinga pelan-pelan, dari atas sampai ke bawah 3x sampai dengan 5x.
Fungsinya : energi dan nafas lebih baik, otot wajah, lidah dan rahang relaks, fokus perhatian meningkat, dan keseimbangan lebih baik.
                                                          Gambar(3f)
Pasang telinga (the tinking cap)
g.    Kait relaks (Hook-Ups)
Cara melakukan gerakan : Pertama, letakkan kaki kiri di atas kaki kanan, dan tangan kiri di atas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawa, jari-jari kedua tangan saling menggenggam, kemudian tarik kedua tangan ke arah pusat dan terus ke depan dada. Tutuplah mata dan pada saat menarik napas lidah ditempelkan di langit-langit mulut dan dilepaskan lagi pada saat menghembuskan napas. Tahap kedua, buka silangan kaki, dan ujung-ujung jari kedua tangan saling bersentuhan secara halus, di dada atau dipangkuan, sambil bernapas dalam 1 menit lagi.
Fungsinya : keseimbangan dan koordinasi meningkat, perasaan nyaman terhadap lingkungan sekitar (Mengurangi kepekaan yang berlebihan), dan pernafasan lebih dalam.
Gambar (3g)
Kait relaks (hook ups)
h.    Titik Positif (Positive Point)
Cara melakukan gerakan: Sentuhlah titik positif dengan kedua ujung jari tangan selama 30 detik sampai dengan 30 menit.
 Fungsinya : mengaktifkan bagian depan otak guna menyeimbangkan stres yang berhubungan dengan ingatan tertentu, situasi, orang, tempat, dan ketrampilan, menghilangkan refleks.
Gambar (3h)
Titik positif (positive point)
G.     EVALUASI PELAKSANAAN
Berdasarkan hasil penelitian “Manfaat Senam Otak (Brain Gym) Dalam Mengatasi Kecemasan Dan Stres Pada Anak Sekolah”, dengan melakukan senam otak pada anak-anak dapat meningkatkan daya ingat dan intelektual, serta dapat mengurangi kecemasan dan stress pada yang sering menyerang pada anak sekolah.
Brain gym juga bisa dipadukan dengan musik-musik tarian untuk mengiringi senam ini. Karena selain mendapatkan kebugaran otak, sekaligus juga mendapatkan kegembiraan. (Amir faisal, 2008 ).
Senam fisik dan otak memiliki hubungan besar bagi kesehatan tubuh dan pikiran  yang hanya dapat dirasakan jika kita menanamkan kebiasaan termasuk latihan dalam rutinitas sehari-hari. Anak-anak yang terlibat dalam latihan fisik telah ditemukan memiliki kemampuan memori yang baik, meningkatkan fokus, konsentrasi, kemampuan analisis, dan perbaikan memori. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa latihan fisik dan otak yang tepat sangat sehat bagi tubuh.
Pada anak-anak, Brain gym bisa dilakukan dalam konteks bermain. Sehingga gerakan dapat mudah diikuti anak. Mulailah dengan langkah-langkah sederhana. Ajak anak mempelajari gerakan per gerakan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya pengulangan satu gerakan di minggu pertama, lalu gerakan berikutnya di minggu ke-2, dan sebagainya. 
BAB 3
A.      KESIMPULAN
Brain Gym adalah serangkaian latihan gerak sederhana yang menyenangkan dan dapat memudahkan kegiatan belajar serta membantu penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari. Gerakan Brain Gym dibuat untuk menstimulasi, meringankan atau merelaksasi seseorang yang terlibat dalam situasi belajar tertentu. Gerakan Brain Gym menunjang perubahan elektrik dan kimiawi yang berlangsung selama semua kejadian mental dan fisik.
Gerakan Brain Gym adalah suatu usaha alternatif alami yang sehat untuk menghadapi ketegangan dan tantangan pada diri sendiri dan orang lain. Brain Gym dapat digunakan untuk  membantu pelajar untuk lebih siap menerima pelajaran, memperbaiki rentang konsentrasi, meningkatkan fokus dan daya ingat, memperbaiki kemampuan berkomunikasi, dan mengendalikan emosi.
Senam fisik dan otak memiliki hubungan besar bagi kesehatan tubuh dan pikiran  yang hanya dapat dirasakan jika kita menanamkan kebiasaan termasuk latihan dalam rutinitas sehari-hari. Orang yang terlibat dalm latihan fisik telah ditemukan memiliki kemampuan memori yang baik, meningkatkan fokus, konsentrasi, kemampuan analisis dan perbaikan memori. Hubungan terdekat antara otak dan latihan fisik berhubungan dengan peredaran darah. Sirkulasi darah menjadi lebih baik sebagai akibat latihan fisik yang meningkatkan aliran darah ke otak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa latihan fisik dan otak yang tepat sangat sehat bagi tubuh.
B.      SARAN
·         Brain Gym manfaatnya sangat dirasakan oleh anak-anak usia sekolah, maka program  Brain Gym harus lebih disosialisasikan secara lebih luas baik kepada guru maupun orang tua. Para guru perlu memiliki keterampilan sebagai bekal untuk menciptakan strategi pembelajaran yang tidak hanya efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran, tetapi juga efektif untuk membangun kepribadian anak yang sehat.
·         Gerakan-gerakan brain gym yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan kemampuan anak dan saat melakukan brain gym tidak dalam keadaan terpaksa.
DAFTAR PUSTAKA
Ayinosa. 2009. Brain Gym (Senam Otak). Diperoleh dari http://book.store.co.id/2009. Diakses tanggal 20 Maret 2013.
Cecilia Freeman & Gail Dennison. 1998. . I Am The Child (Akulah Anak Itu). Jakarta : Grasindo
Dennison, Paul. 2002. Buku Panduan Lengkap Brain Gym. Jakarta : Gramedia
Dennison, P., Gail, E. 2002. Buku Panduan Lengkap Brain Gym. Jakarta : Gramedia
Dennison, P. E., and Dennison, G.E. 2002. Brain Gym. Jakarta: PT. Grasindo.
______. 2004. Brain Gym (Senam Otak). Jakarta: PT. Grasindo.
______. 2004. Edu-K for Kids. Jakarta: PT. Grasindo.
Faisal, Amir. 2008.  Menyiapkan Anak Menjadi Juara. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Paul E.D & Gaul E.D. 2006. Brain Gym And Me. Jakarta : PT. Grasindo
Prashnig, Barbara. 2012. The Power of Learning Styles. Network Continuum Education
Purwanto, dkk. 2009. Manfaat Senam Otak (Brain Gym) dalam mengatasi Kecemasan dan Stres Pada Anak Sekolah. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621, VOL.. 2, NO. 1, JUNI 2009
Saleh , Arman Yurisaldi dkk. 200?. Hanacaraka: Untuk Senam Otak, Kreativitas, dan
Rehabilitasi Saraf : Menguak Misteri Hanacaraka Dari Sisi Ilmiah. Jakarta : Ref Publisher

No comments:

Post a Comment