Wednesday, May 7, 2014

Kampanyekan Hidup Berniaga Dengan Pendidikian Karakter Bangsa Dan Budi Pekerti.

Gagasan Ikatan Pensiunan Pendidik Provinsi Lampung untuyk mengkampanyekan Hidup Berniaga melalui Pendidikan Budipekerti dan Karakter Bangsa sebenarnya terbilang unik.Setidaknya karena belum lazim diujicobakan di sekolah sekolah, walaupun sebenarnya sangat relevan untuk diujicobakan sehingga kelak kita menemukan metode dan teknik pelaksanaan pembelajarannya. Kita anggap relevan karena dunia usaha atau perniagaan yang kita kampanyekan sangat membutuhkan karakter dan budipekerti yang baik seseorang. Keberhasilan dalam berniaga sangat ditentukan adanya karakter dan budipekerti yang menunjang.
Membicarakan masalah budipekerti serta karakter dalam perniagaan adalah merupakan bahasa bahasa yang realistis, karena karakter dan budipekerti ternyata memiliki kemampuan menghantar seseorang sukses berniaga. Sebaliknya kegagalan seseorang dalam berniaga juga banyak disebabkan diri sendiri sebagai penyebab tunggal. Seseorang gagal berniaga tidak memiliki karakter yang mendukung serta budi yang mulia. Maka dengan demikian berarti pembicaraan ini sesuatu selain logis benar juga mendesak.
Dalam rangka mengkampanyekan hidup berniaga maka Pendidikan Karakter dan Budipekerti harus diprioritaskan, manakala  karakter yang abik serta budipekerti yang mulia telah tertanam, maka keberhasilan dalam berniagapun terbuka. Membuka jalan keberhasilan berniaga adalah merupakan cara yang paling mungkin memakmurkan bangsa ini.
Dari sepuluh penduduk kita berharap akan muncul peniaga yang berhasil, dengan demikian lapangan kerjapun akan terbuka luas, karena dari dua orang peniaga yang berhasil itu akan membutuhkan sejumlah orang sebagai karyawannya.
Itulah sebabnya sumner ajar, bahan ajar, metode mengajar serta media / evaluasi pembelajaran budipekerti dan karakter bangsa itu harus benar benar kita persiapkan sehingga sehingga aktivitas pembelajaran benar benar berdayaguna dan behasilguna. 

No comments:

Post a Comment