Monday, February 18, 2013

Sosialisasikan Hak Kesehatan Pensiunan


BANDARLAMPUNG–Ikatan Pengurus Pegawai Negeri Sipil (IP-PNS) Bandarlampung menggelar acara sosialisasi gelombang VI kepada pensiunan PNS. Sosialisasi ini dinilai penting untuk memberikan pembekalan tentang hak-hak pemeliharaan kesehatan dan informasi perkreditan bagi pensiunan.

Ketua Panitia Penyelenggara Syafie Ani mengatakan, peserta dalam sosialisasi di gelombang VI ini adalah 153 orang, berasal dari pensiunan guru dan non guru yang diambil secara acak dari pensiunan periode 2002 sampai tahun 2011.

Adapun materi yang diberikan pada sosialisasi IP-PNS ini diantaranya hak-hak pemeliharaan kesehatan bagi pensiun PNS dari PT Askes Bandarlampung dan informasi perkreditan bagi pensiunan PNS dari BTPN Cabang Bandarlampung.

Sementara, walikota Bandarlampung yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Pemkot Deddy Amarullah mengatakan, sejauh ini pembangunan di Bandarlampung sudah menunjukan kemajuan yang cukup signifikan yang bisa dirasakan langsung masyarakat.

Adapun program prioritas pembangunan yang terus dilakukan di antaranya di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan bidang sosial, keamanan dan ketaqwaan.

Lebih lanjut dikatakan Deddy, untuk di bidang pendidikan setiap tahun menerima murid tingkan SMP, SMA dan SMK negeri yang 40 persen diantaranya diterima tanpa melalui tes. Mereka juga diberikan bantuan berupa SPP, seragam sekolah, sepatu, tas sekolah. Selain itu peningkatan SDM guru melalui pemberian beasiswa pendidikan strata II di Unila sebanyak 200 orang pertahun.

Sedangkan di bidang kesehatan, pemkot memberikan perobatan gratis di 12 rumah sakit swasta dan pemerintah selama 5 hari, di kelas III, termsuk pelayanan gratis di puskesmas rawat inap, puskesmas, pustu dan pos kesehatan di kelurahan.

Sementara di bidang infrasktruktur, pengoperasionalan BRT tanpa subsidi di 7 koridor, pembangunan 3 fly over dan pelebaran 7 ruas jalan di dalam kota. Kemudian di bidang sosial, keamanan dan ketagwaan, pemkot melakukan kegiatan umroh kepada 400 orang setiap tahunnya, memberikan bantuan operasional kepada 3700 guru ngaji dengan besar Rp500 ribu. Pembangunan masjid berornamen Lampung setiap tahun 3 masjid, program bedah rumah setiap tahun 200 rumah dengan besaran dana Rp15 juta per unit.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, para pensiunan PNS di Bandarlampung ini mengerti akan hal-hal yang dibutuhkan, dan tentunya menjadi berkah bagi semua," ujarnya. (jef)

No comments:

Post a Comment