Sunday, July 20, 2014

Jadilah Guru Yang Super


Nama buku : Guru Super Indonesia
Penulis        : Mario Teguh
Penerbit      : Mario Teguh Publising Haouse
Tahun         : Cetakan Pertama 2009
Halaman     : 210 + XII

Guru adalah harapan kita semua untuk membangun bangsa ini, maka posisikanlah diri sebagai guru, dan menjadi jadilah guru yang super, demikianlah harapan Marioa Teguh dari tulisan yang termaktub dalam buku Guru Super Indonesia ini.

Bertekadlah untuk menjadi orang sukses dalam hidup ini, seseorang dikatakan berhasil dan sukses manakala Ia berhasil memberhasilkan muridnya (hal 31) yang itu semua tentunya harus diawali dengan memperbaiki diri sendiri. Diri kita itu harus selalu berhasil muncul sebagai sosok yang baru, demikian apa yang dianjurkan oleh Mario Teguh,
Seseorang yang berhasil mendidik muridnya sebagai seseorang yang selalu muncul sebagai harapan yang baru adalah manakala kita sebagai guru juga adalah sosok yang sebelumnya telah berhasil sebagai seseorang yang telah memperbaharui dirinya. Ingat bahwa "Hari ini harus lebih baik dari kemarin, bila kita sama dengan kemarin maka berarti kita adalah orang yang rugi, bila hari ini lebih buruk dari kemarin maka dia laknat",

Buku ini terdiri dari  17 Pokok Bahasan, yaitu : (1) Berpendapatlah yang baik tentang diri sendiri, (2) Berhasil karena memberhasilkan murid murid anda, (3) Kesungguhan untuk mencapai kebesaran diri anda, (4) Anda tidak mungkin bisa memperbaharyui kualitas hidup anda tampa memperbaharui sikap anda, (5) Sifat sifat guru super yang memikat hati murid (6) Menjaga tingkat semangat yang tinggi (7) Seorang guru adalag seorang pemimpin (8) Sikap sikap pribadi yang menyabotase perkembangan karir sendiri, (9) Meramalkan keberhasilan, (10) Peran yang kita mainkan, (11) Kita hidup untuk menjadi sesuatu, (12) Membangun karir yang sadar dan tetap pada rencana, (13) Direktur utama dari karir anda sendiri, (14) Krisis adalah alasan untuk berubah, (15) Rutinitar yang berbahaya, (6) Diukur dari reaksi, (17) Atap kinerja.  

Sejatinya guru itu adalah pemimpin, seorang pemimpin yang juga guru adalah pihak yang mampu memberikan keteladanan kepada muridnya. Kepemimpinan yang kita terapkan adalah sebuah cerita yang memikat dalam menuju kecemerlangan hidup yang sangat mungkin dicapai oleh semua murid kita. Dan jangan biarkan para murid tumbuh menjadi dewasa yang membatalkan hak hak mereka sendiri bagi kehidupan yang baik. Tetapi bangunlah ketertarikan untuk membangun sesuatu yang semula dianggap tidak mungkin agar segera menjadi mungkin.

Doronglah para murid untuk menjadi pribadi yang berwenang, menyiapkan segala sesuatunya sehingga menjadi benar benar sebagai pribadi yang siap. Persiapan yang terbaik itu adalah penyelesaian yang tuntas. Oleh karenanya perbanyaklah daftar ketuntasan yang telah berhasil kita selesaikan.Sampai kita melaksanakan kehidupan yang sepenuhnya.

Hiduplah dengan segala impian, bersibuklah hidup ini dengan disemangati segala impian, maka hidup kita itu kan sekualitas dengan kualitas impian itu. Kalaupun nanti akan ada ancaman kegagalan maka tinggikanlah kualitas kita itu dengan ancaman ancaman yang ada. Itulah sebabnya maka buatlah rencana dan laksanakanlah rencana itu. Mulailah pelaksanaan rencana besar itu mulai dari rencana rencana kecil. Rencanakanlah dengan baik apa yang akan dilakukan, dan lakukanlah apa apa yang telah direncanakan. Maka keberhasila akan menunggu anda.

Maka anda akan menjadi orang yang mulia, dan hendaknya diingat bahwa kemulyaan yang akan anda dapatkan bukanlah dari rencana rencana besar anda, melainkan apa apa yang sudah kita selesaikan. Selanjjutnya silakan baca buku itu, dan anda tidak menghabiskan waktu satu hari untuk menyelesaikannya. Tetapi sebagai tulisan yang mengandung filosofi yangdalam itu, kadang kita harus membaca kalimat kalimat tertentu secara berulang, hingga paham benar. Tidak secapat kita membacanya, maka kita membutuhkan waktu bertahun untuk mencoba melaksanakannya.  (Fachruddin)



No comments:

Post a Comment