Thursday, June 1, 2017

RENCANA KEGIATAN MUSHOLLA KAMI

                                          Musholla Al-Jihad Perumahan Korpri

Tak jauh dari rumahku berdiri Musholla kecil bisa menampung, siktar 90 orang jama'ah, itu hanya musholla rtinya tidak digunakan untuk sholat Jum'at, melainkan hanya sholat lima waktu. jika tidak silap dalam mengingat musholla ini digunakan sekitar tahun 1995 yang kini sudah mencapai  22 tahun, usia yang masih muda namun demikian pasang surutnya musholla ini adalah pengalaman yang sangat berharga bila kita ingin mencermatinya. Tetapi tulisan ini hanya akan menulis prihal rencana kegiatan musholla ini saja. Rencananya musholla iniakan menyelenggarakan  Pesantern Kilat bagi Siswa tingkat SLTA. Karena ada beberapa sekolah yang lokasinya berdekatan dengan musholla ini. Musholla ini terletak di Blok AI Perumahan Korpri Korpri Raya Bandar Lampung sedang sekolah Tingkat menengah yang terdekat antara lain SMA 2 buah, MAN 1 buah dan SMP  3 buah, jadi terdapat enam sekolah yang terdekat. Keenam sekolah itu yang akan diajak kerjasama dalam penyelenggaraan Pesantren Kilat ini. Pesertanya diperkirakan sekitar 100 Orang saja, disesuaikan dengan daya tampung Masjid, sehingga peserta tidak terlalu kehilangan kenyamanan selama mengikuti acara ini.

Semula gagasan ini muncul atas keinginan seorang jama'ah yang ingin menyelenggarakan Pesantren Kilat, yang bersangkutan siap menyandang dana. Hal ini tentu disambut sukacita oleh jama'ah, kesimpulannya diterima, memang oada saat tulisan ini dipublikasikan baru dilaksanakan rapat rapat internal,  para jamaah berharap ini merupakan awal kemakmuran musholla ini sehingga kelak dapat menjadi masjid yang dikelola secara profesional.


Selain itu juga Pengurus masjid ini berniat akan menyelenggarakan Subuh Akbar, subuh akabar pertama akan dilaksanakan sambil menyelenggarakan Halal Bilhalal. Dalam acara subuh akbar ini akan melibatkan selain jama'ah laki laki juga akan melibatkan ibu ibu, para remaja dan bahkan anak anak. Fungsi masjid atau surau atau msholla atau langgar dan istilah lainnya yang biasa digunakan oleh masyarakat adalah berfungsi selain tempat ibadah juga merupakan tempat dakwah dan pendidikan bahkan juga fungsi sosial, Maka dari Subuh Akbar ini diharapkan agar musholla ini mampu memfasilitasi segala lapisan baik untuk wanita, ibu ibu, remaja bahkan anak anak harus terfasilitasi di musholla kecil ini.

Pengurus juga akan melaksanakan  Pengajian Bapak Bapak, pengajian ini direncanakan dengan cara membedah buku, buku buku yang dipilih akan dibedah dengan menunjuk  narasumber yang mampu mengupas isi buku itu, yang untuk satu buku direncanakan beberapa kali pertemuan. Setelah selesai buku yang satu akan dilakukan juga bedah buku lainnya, Sehingga diharapkan akan banyak buku yang dapat dibedah melalui musholla kecil ini. Diharapkan nanti dari waktu ke waktu acara ini dapat diperbaiki sehingga dapat disenangi oleh jama'ah dan juga disenangi oleh narasumbar dan juga diminati oleh oleh pihak lainnya tentunya. Menurut rencana dalam setiap judul buku peserta dimintakan konstribusi Rp. 100.000,00-  baik lunas maupun angsuran.

Di musholla kecil ini juga akan mencoba memperkenalkan buku buku literatur klasik dari Timur Tengah ataupun buku produk timur tengah lainnya kepada mahasiswa UIN Raden Intan yang berasal dari sekolah non pesantren di Fakultas apapun di  UIN Rd. Intan. Walaupun tidak tertutup juga bagi mereka yang berasal dari Pesantren sehingga mampu membantu teman temannya yang berasal dari non pesantren. Dengan demikkan diharapkan mahasiswa UIN Rd. Intan akan akrab dengan litetarur baikliteratur bergaya Barat, Orientalis maupun Barat non Irientalis maupun klasik Timur Tengah dan Modern Timur Tengah yang kedua kiblat dalam study itu dapat direngkuh sekaligus. Dalam hal ini mahasiswa dibebaskan dari biaya apapun. studi lebih mendalam Sedang bagi mahasiswa yang menginginkan lebim melakukan pendalaman maka musholla ini akan berkenan memfasilitasi mahasiswa yang bersangkutan, minimal diikuti oleh sepuluh orang dan di camp di suatu Pedsantren yang berkanan melaksanakan kerjasama.



.

No comments:

Post a Comment