Monday, April 6, 2020

BENCANA TAK AKAN DATANG, BILA TAK ADA YANG MENGUNDANG

LALU SIAPAKAH PIHAK YANG SENANG MENGUNDANG BENCANA, Khatib di Masjid Jami' Komplek MAN I Sukarame Bandar Lampung dengan mengutip sebuah hadits yang mengatakan bahwa manakala Kelompok masyarakat kaya memiliki kegemaran bersedekah dengan kekayaannya kepada masyarakat kecil dan miskin, manakala para ilmuan dengan ilmunya memberikan berbagai upaya dan jalan dengan ilmu pengetahuan untuk meringankan beban masyarakat kecil dan muskin, dan orang yang berkuasa menggunakan kakuasaannya untuk meringankan beban masyarakat kecil dan miskin, maka negeri tempat tinggal mereka akan selamat dari berbagai bencana, itu konten sebuah hadit. Yang disebut hadits adalah apa yang diucapkan Rasululah SAW, apa yang dilakukannya, dan sesuatu yang dikatakan orang lain, atauy dilakukan oleh orang lain, tetapi disetujui beliah, itu lah hadits. Itulah sumber kutipan Khatib di atas.



Lalu apakah ada pihak pihak yang gemar mengundang bencana. Maka jawabannya adalah mudah, yaitu kelompok yang mampu mengundang bencana adalah orang orang kaya pemilik modal, para ilmuan, yaoitu orang dikaruniai ilmu pengetahuan yang ditandai dengan gelar gelar seperti S1, S2, S3 bahkan profesor. Apapun disiplin ilmu mereka. Dan pihak yang ketiga adalah kelompok orang diberikan kekuasaan. Ketiga kelompok ini memiliki potensi untuk mengundang segala bentuk bencana, baik bencana kecil maupun besar.

Apatah lagi manakala ketiga kelopok ini telah berhasil bermain mata, yaitu para pemilik modal, para ilmuan dan para penguasa telah berhasil bermain mata dan boro boroi akan bersedekah untuk membahagiakan kelompok rakyat kecil serta miskin. Tetapi mereka berhasil menyusun strategi bagaimana caranya merampas hak hak orang miskin dan masyarakat kecil lainnya. Biasanya justerui para orang kaya dan pemilik modal praktiknya seriong merayu rayu para penguasa untuk melakukan tindak kecurangan merampas hak orang miskin. Dalam waktu bersamaan apoara ilmuan membantu mencari dalih pembenaran akan apa yang dilakukan oleh Penguasa dan pemilik modal itu.

Kecurangan yang dilakukan oleh ketiga kelompok ini akan membuat rakyat kecil menjadi sengsara karena mereka kehilangan haknya. Kecurangan demi kecurangan kecil mereka lakukan, lama lkama akan membuat dan menambah orang orang miskin baru di negeri yang mereka pimpin. Pada saat itulah bencana akan datang secara bertubi tubi, Demikian Rasulullah SAW mengajarkan, dan dikutip oleh khatib di atas,

No comments:

Post a Comment