Friday, August 17, 2018

INI GROUP APA SICH OOMM ... ?

Pertanyaan ini muncul dari Tulisan Saudaraku Ari  (27) ... yang tinggal di Pulung Kencana Menggala Tulangbawang. Dia adalah cucu dari Ayahanda Tahnan, yang kita kenal sebagai tokoh dan aktivis yang telah ikut berjasa dalam meramaikan Desa Pagelaran, kemulyaan yang paling saya hargai adalah beliau memberikan pengawasan terhadap satu satunya Masjid tua yang kami miliki .... karena Masjid itu terletak persis didepan rumahnya. saya kenal dan tahu beliau pada sekitar tahun 1962-an.

Ayahanda Tahnan menampung sejumlah musikus desa dan menyiapkan  serta menjadikan rumahnya untuk menampung para musikus desa ini berlatih, saya ingat jam dinding tua milik kami selalu di bawa ke beliau setiap menjelang Romadhon karena keluhan bel jam tak bunyi, beliau memiliki keahlian revarasi aneka jam. Dan di belakang rumahnya setiap hari disibukkan dengan kegiatan pembuatan tahu. Dan saya tahu Ari adalah salah cucu dari beliau yang sangat kami hormati.

Semenjak pensiun saya berjualan beras di rumah, mobil butut saya keluarkan dari garasi, sedang garasi berubah pungsi jadi warung. Saya memiliki sebidang sawah di Belitar Sidodadi Pagelaran, dahulu ketika ada ponakan tinggal di rumah saya Bandar Lampung, hasil panenan dijual secara eceran kepada sanak famili dan kernalan lainnya, hasilnya lumayan. Stok beras habis dan tersisa untuk dimakan sendiri penjualanpun istirahat. Begitu saja hasilnya alhamdulillah.

Setalah memasuki usia pensiun usaha ini saya lanjutkan Hasil panenan selurunya diecer dan apabila habis, saya beli lagi, stok beras di garasi tak boleh putus. Maka jadilah saya sebagai pedagang beras di rumahan. Di depan rumah di tulis RUMAH BERAS MENYEDIAKAN BERAS TALANGPADANG DAN PAGELARAN.

Rupanya banner didepan rumah terbaca oleh seseorang dan beliau berkenan mampir di warung, seseorang yang sejatinya sudah cukup lama meninggalkan Desa Pagelaran, namanya Tantowi, kedatangan di Pagelaran karena beliau diangkat sebagai Pegawai Bank BRI di Pagelaran, bukan hanya itu sebelumnya kakak Beliau terlebih dahulu ditugaskan di Pagelaran sebagai Kepala Puskesmas di situ, namanya Bpk. Hi. Mawarji. Beliau inilah sebenarnya yang menjadi tokoh perekat hingga Grup WA ini muncul. Almarhum Hi Mawarji telah menganggap Pagelaran sebagai Kampung halamannya, dan penduduknya, utamanya Jama'ah Masjid Jami' Pagelaran sebagai Saudaranya, Istimewanya almarhum Hi. Abdullah Zawawi sebagai imam tetap, beliaulah yang sebagai penggerak persaudaraan dengan H. Mawarji. 

Ketika Pak Tantowi singgah ke warung beliau berceritera bahwa beliau pernah tinggal di Pagelaran
ada sejumlah nama yang disebutnya

No comments:

Post a Comment