Monday, January 7, 2013

Pensiun Bukan Akhir dari Segalanya.

Cuplikan Buku Panduan TOT Posdaya'

Pensiun bukan akhir dari segalagalanya. Sebagian besar pensiunan PNS masih memiliki potensi untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat baik bagi dirinya, keluarga, maupun bagi orang lain dan masyarakat. Tetapi pensiun bagi sebagian PNS merupakan malapetaka, karena dalam waktu bersamaan terjadi penurunan penghasilan secara drastis, bagi mereka dalam usia pensiun membutuhkan informasi dari berbagai pihak untuk memulihkan kembali dan menjaga keberlanjutan kemampuan ekonomi keluarga, agar tetap dapat mempertahankan kesejahteraan bagi pribadi dan keluarga.

Sedangkan pensiun juga bagi orang orang tertentu merupakan langkah awal untuk meniti karir menuju kesuksesan yang sebenarnya. Tidak sedikit mereka yang memasuki usia pensiun, justeru seperti mendapatkan dunia baru dan identitasnya yang sejati, Ia sukses menjadi pengusaha, atau lainnya, pada usia pensiun ia menemukan profesi ke II. Tetapi ada juga yang memasuki masa pensiun untuk berusaha mengurangi berbagai kegiatan dan kesibukan duniawi lainnya. Waktunya dihabiskan untuk membina kesejahteraan rohani, dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang maha Esa, beribadah sekhusyuk mungkin, Ia ingin melakukan berbagai kebajikan yang dahulu sering lalai, karena ketiadaan waktu. Tetapi tidak dapat kita pungkiri, ada juga yang memasuki masa pensiunan PNS yang justeru bergelut melawan penyakit yang menyerangnya, dan sulit tersembuhkan, musibah datang silih berganti. Seyogyanya ikatan pensiun selalu berupaya mencarikan jalan keluar dari berbagai keinginan, kepentingan dan permasalahan yang lazimnya dihadapi oleh para pensiunan.

Program Pemberdayaan keluarga (Posdaya) yang sejatinya untuk memberdayakan keluarga untuk mencapai kesejahteraan bagi keluarga dan masyarakat, membuka kemungkinan bagi para pensiunan memiliki kiprah yang lebih nyata, untuk memanfaatkan sisa usia, untuk melakukan sesuatu yang sangat mulia dan sekaligus bermanfaat bagi pribadi, keluarga maupun masyarakat. Program Posdaya adalah suatu program yang sejatinya merupakan rasa keberpihakan bagi mereka yang termarjinalkan. Tetapi kenyataannya Posdaya juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, baik pribadi maupun kelompok, dan bahkan lembaga dan instansi baik swasta maupun Pemerintahan. Masing masing memanfaatkan program Posdaya ini sesuai dengan forsi dan kepentingan masing masing, termasuk bagi pensiunan untuk berbagai kepentingan dalam rangka kesejahteraan pribadi, keluarga maupun masyarakat.

Mengingat dalam beberapa tahun berjalan dan beberapa tahun kedepan jumlah pensiun akan menunjukkan grafik naik yang signifikan, maka Ikatan Pensiunan PNS Dinas Pendidikan Provinsi lampung akan menyelenggarakan Pelatihan Training Of Trainers (TOT) Program Posdaya. Dengan harapan dalam waktu singkat akan tersedia tenaga tenaga yang memiliki kemampuan dan semangat serta keterampilan untuk menjelaskan program Posdaya, utamanya kepada para pensiunan dan umumnya kepada masyarakat secara luas.

No comments:

Post a Comment