Saturday, October 18, 2014

Ikatan Pensiunan Pendidik Provinsi Lampung Siap Mengepakkan Sayapnya

Ditengah kepungan asap tipis yang membentuk awan kelabu menyelimuti kota Palembang di Minggu pagi yang redup itu saya dikejutkan oleh ring HP  ternyata Ketua Ikatan pensiunan Diknas Bapak Syauki ada diujung sana bersama Bapak Bun Yana ada di sampingnya. membawakan kabar gembira. Setelah saling berbasa basi beliau menceritakan bahwa Proposal kita telah diterima dan dikhabarkan bahwa dana yang dibutuhkan  oleh Ikatan Pensiunan Diknas  telah siap untuk dicairkan, namun berapa besarannya Pak Syauki belum dapat mengabarkannya. 

Kabar ini sangat menggembirakan karena memang sudah lama kami menunggunya, kami berharap dua tahun berturut turut kami mendapatkan bantuan dana dari Dinas pendidikan Provinsi lampung, dan dua tahun berturiut turut itu kami menyisihkan dana untuk menjadi modal kerja kami secara mandiri.
Menurut rencana berapapun besarnya bantuan yang diluncurkan oleh Pemda melalui Dinas Pendidikan Provinsi Lampung kami akan melaksanakan pengenalan tentang program kami untuk "Alternatif Pembelajaran Karakter Bangsa dan Budi Pekerti Dengan menghidupkan Otak Kanan"

Seperti sama kita ketahui bahwa
pembelajaran karakter bangsa dan akhlak budi pekerti sifatnya adalah indoktrinatif, itulah sebabnyamaka mata pelajaran ini akan sulit mencapai hasil yang maksimal, untuk tidak dikatakan gagal, karena memang aktivitas pembelajaran di sekolah sekolah formal; para guru menggunakan metode dan cara cara yang lebih menghidupkan otak kirinya. Sebagaimana kita ketahui bahwa otak kiri membuat seseorang memiliki ketajaman intelektual serta kritis. Dalam masalah kritis memang para intelektual kita sudah cukup menonjol, nampaknya itulah hasil kita untuk sementara.

Oleh karenanya kami akan mencoba mensosialisasikan penggunaan otak kanan dalam pembelajaran karakter bangsa dan budi pekerti bagi level pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs) Kami akan berusaha memperklenalkan sistem menghidupkan otak kanan dengan gaya gaya Brain Gym dan untuk itu kita dapat memilih gerakan yang paling sederhana namum memberikan efek luar bisa.

Otak kanan haruslah dihidupkan agar setara dengan otak kiri, apalagi pada otak kanan terdapat kreativitas dan intuisi. dengan demikian maka otak kanan ini sejatinya memiliki keunggulan yang sangat menonjol yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari hari. Hidupnyas otak kanan akan memberikan kemampuan bagi seseorang untuk lancar menerima sesuatu yang indoktrinasi sekalipun dengan tidak menonjolkan daya kritis diawal kontak. Dengan otak kanan seseorang dapat menerima saja informasi itu terlebih dahulu, baru kritis setelah informasi yang diterima cukup lengkap. Sedangkan otak kiri menonjokan daya kritis, sehingga sulit akan menerima keterangan lebih lanjut.

Pada otak kanan terdapat juga intuisi, intuisi memiliki kemampuan bagi seseorang untuk mengetahui hal hal yang sejatinya belum pernah diketahuinya. dengan kata lain dengan intuisi seseorang dapat menerima dan memanfaatkan berbagai informasi tampa haruis memiliki data yang jelas terlebih dahulu. dan data bagi otak kanan adalah dalam rangka penguatan penguatan belaka. Otak kanan memiliki kemampuan untuk mermanfataan daya kritis dibagian akhir sebelum menetapkan penolakan akibat sebuah kegagalan atau realitas yang harus diterima.

Pedagang sangat membutuhkan hidupnuya otak kanan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ternyata para pebisnis yang berhasil tingat dunia itu secara keseluruhan memiliki intuisi yang tajam di atas rata rata. Nampaknya memiliki ketajaman intuisi itu adalah merupakan modal yang paling pokok bagi para pebisnis atau peniaga. Ityulah sebabnya maka kegiatan ini juga sekaligus akan dijadikan media untuk mengkampanyekan hidup berniaga bagi peserta pendidikan tingkat dasar. 

No comments:

Post a Comment