Wednesday, April 12, 2017

BELAJAR HARMONIKA HARUS GEMBIRA

Belajar harmonika harus dengan gembira, tampa tampa kegembiraan bukan hanya belajar seni, belajar apapun tidak akan berhasil, istimewa belajar seni, karena seni akan melahirkan kegembiraan, tetapi dalam berlatih atau belajar seni maka kegembiraan itu harus mampu kita tampilkan lebih awal. Seni bukan sekedar melahirkan kegembiraan tetapi kegembiraan akan memperkaya karya seni, memainainkan harmonika harus dengan gembira sehingga memperkaya dan memperdalam arti kegembiraan itu.

Oleh karenanya sebetulnya belajar seni spontan, artinya begitu diciptakan, begitu dapat dinikmati dan dengan mudahnya prang lain juga dapat menikmatinya tampa banyak persyaratan yang memberatkan.  Kegembiraan seni itu sejatinya adalah kegembiraan yang mampu dinikmati segala lapisan pendengar dan penikmatnya.  Tentu seni yang merakyat adalah seni yang dapat dinikmati rakyat kelas bawah tampa persayarakatan yang yang tak mungkin dipenuhinya.

Di dalam lomba lomba sering orang mempertandibahwa dalam bentuknya yang sangat kecilngkan sesuatu yang memiliki faktor kesulitan, semakin banyak faktor kesulitan yang dilalui adalah menunjukkan bahwa dia dianggap yang terbaik dalam lomba itu, dan dimunculkan sebagai juara. Ada juga lomba seni memperlombakan adu sedikit faktor kesalahan, semakin sedikit kesalahannya, maka dia akan dianggap lebih unggul dan lebih baik. Memang sulit menilai seni, karena faktor subjketifitas mudah menjadi dominan.

Lalau apa yang diunggulan oleh harmonika dalam blantika seni, sexopun yang sama sama musik tiup mampu menyanyikan berbagai macam nada dan lagu, jangan ditanya biola yang mampu menyentuh tangga tangga nada secara stabil dan sempurna bersuara berapa oktappun. Jangan lagi ditanya kemampuan  organ  yang dapat membawakan berbagai lagu dan musik karena terfasiliotasi secara elektrik.

Ketahuilah bahwa harmonika dalam bentuknya yang sangat mungil itu memiliki kemampuan meniru berbagai alat musik, dan disitulah letak seninya, Tentu sejatinya harmonika memiliki semacam filosofi akan keberadaan dan eksistensi dirinya, dalam kesempatan lain akan kita ulas. tetapi benang merah yang ingin saya sampaikan disini bahwa belajar harmonika harus dengan hati yang gembira, tampa rasa gembira dalam hati itu maka belajar harmonika akan mengalami kegagalan dan harmonika tak dapat dinikmati.

No comments:

Post a Comment