Friday, April 14, 2017

Berlatih Harmonika Jangan Malu.

Sekedar memperingatkan bahwa semua tulisan saya tentang Harmonika tujuannya adalah memotivasi para manula yang sama dengan saya sebagai manula yang tidak menguasai satupun alat insrumen musik, maka jika ingin memiliki kemampuan menggunakan harmonika, maka belajarlah harmonika dan tak perlu malu, yang penting waktu dan tempat serta situasi dapat disesuaikan agar tidak nampak janggal.

Bila hanya sekedar kita sama sekali belum bisa, maka bisa jadi diantara seribu orang belum tantu satu bisa menggunakan harmonika, tidak seperti gitar atau alat musik lainnya  yang tak kurang kurangnya orang yang mampu memainkannya, sehingga bila anda belum bisa, maka sejatinya ada ratusan orang dan mungkin ribu yang tak bisa untuk mencari  satu diantaranya. Dengan demikian tak perlu malu hanya karena permainan kita belum bagus.

Tahap pertama sebagai seseorang yang sama sekali nol dalam hal musik, dan menginginkan memiliki kemampuan menggunakan harmonika maka harus diawali dengan keakraban dengan harmonika, caranya tidak ada lain adalah sering meniup harmonika, termasuk menghisapnya tentu. Alah bisa karena biasa. Saya memiliki pengalaman asal tiup saja lubang lubang harmonika itu dan mengeluarkan suara yang tak beraturan, tampa rasa malu, sehingga saya memiliki rasa keakraban.

Pada saat itulah saya menemukan rangkaian nada mirip lagu, lalu saya ulang dan ulang lagi hingga saya yakin bahwa rangkaian nada itu merupakan nada nada sebuah lagu. Itu keberhasilan saya yang pertama.

No comments:

Post a Comment