Wednesday, April 12, 2017

HARMONIKA PERPANJANG HARAPAN

Bila anda termasuk manula seperti saya dan memiliki keinginan untuk memperpanjang peran sosial dalam hidup ini, masih tetap ingin memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu menerima informasi dengan baik, serta mampu memberikan respon secara rasional, dan memiliki keyakinan bahwa belajar musik akan berpengaruh dalam menjaga kesehatan otak kita dan memperlambat datangnya masa masa pikun serta kelelhan otak lainnya, maka yang ingin saya rekomendasikan adalah belajarlah instrumen harmonika.

Begitu juga bagi anda yang tak tahu musik, tak ada alat musik yang dikuasai, tetapi juga ingin menjaga kesehatan otak serta memperlambat datangnya pikun maka saya juga ingin merekomendasikan kepada anda semua milikilah alat musik harmonika.

Mengapa harmonika, harmonika selain murah juga kecil dan ringan gampang dibawa kemanapun, bukan barang terlarang untuk di bawa bawa ke mana mana, tidak membutuhkan batere dan atau aliran listrik, cara menggunakannya hanya ditiup dan dihisap. yang berperan selain nafas, juga bibir dan lidah, yang sangat besar kemungkinan kita semua punya. Harmonika juga memiliki kemampuan untuk menyuarakan berbagai lagu, nada dan irama. Harmonika juga melatih otak kita berpikir dan mengingat ingat, dan yang paling penting adalah bahwa harmonika mendatangkan kegembiraan dan keasyikan tersendiri bagi siapa saja yang mennggunakannya.

Anda tidak faham solmisasi, tidak tahu not not musik, tak menjadi persoalan karena harmonika ditiup dan dishisap,tempelkan bibir mengarah ke lubang lubang pada harmonika, geser ke kiri atau geser ke lubang sebelah kanan maka nada yang keluar dan berbunyi akan berubah dengan sendirinya. Kelilingkan bibir ituy untuk meniup atau menghisab lubang lubang yang ada pada harmonika maka anda akan mendengar semua suara yang dimiliki oleh harmonika.

Bila telah sering itu kita lakukan nanti akan secara tidak sengaja kita akan temukan rangkaian suara nada yang sejatinya juga enak di dengar. Memang kita akan lebih mudah mengkomfirmasikan dengan lagu lagu yang ada manakala kita memang mengenal banyak lagu, sehingga manakala ada kemiripan dengan salah satu lagu maka kitapun bisa menelusurinya nada nada seperti apa yang dibutuhkan untuk mneyelesaikan lagu itu.  Tak mengapa bila hanya terkesdan asal jadi dan asal mirip, itu tak mengapa karena memang maksud kita bukan akan menjadi pakar atau seniman harmonika, tetapi maksud kita adalah untuk menjaga kesehatan otak kita.

Kita yang menginginkan agar hingga akhir hayat kita kita tetap memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, tetap memiliki kemampuan merespon semua informasi yang kita terima, serta memiliki kemampuan untuk memberikan umpan balik, hingga akhir hayat tetap memiliki kemampuan mendampingi dan mengarahkan keluarga dan anak keturunan kita, tetap memiliki kemampuan untuk mengontrol dan memberikan saran saran kepada anak keturunan dalam mengelola perusahaan yang diwariskan, agar tetap bertahan. Kita menginginkan agar kita hingga akhir hayat masih memiliki kemampuan menambahkan ilmu kita walaupun sedikit demi sedikit. tentu kita ingin agar selama hidup kita, tak pernah  sekejappun menjadi beban dari keluarga, karena kita memiliki kemampuan menyelesaikannya secara mandiri. Dan Tuhan memberika kesempatan untuk itu melalui barang yang sederhana ini, bernama harmonika, maka manfaatkanlah.

No comments:

Post a Comment