Tuesday, April 11, 2017

MAIN MUSIK HARMONIKA SEPERTI ADA YANG NUNTUN



Tidak beda halnya dengan kehisupan manusia, siapa yang telah bersikap dan berusaha dengan kepasrahan kepada aturan dan menyerahkan akan keberhasilnya kepada Allah Swt maka kita akan bergerak seperti dituntun, kebersasilam usaha setiap manusia akan tercapai manakala manusia melakukan segala sesuatunya sesuati dengan kodrat bagi manusia, kodrat manusia adalah usaha sekuat tenaga sesuai aturan dan kepasrahan yang bulat. Begitu juga dalam belajar menggunakan instrumen Harmonika dengan dasar kesenangan dan kegembiraan maka sekalipun kita tak paham solmisasi maka substitusi perubahan nada akan berjalan berdasarkan filing dan itu seolah ada yang menunutun, apakah kita harus turunkan atau sebaliknya naikkan nadanya, sehingga kita bisamengikuti instrumen musik  dan lagu sesuai informasi yang kita dengan dari telinga.

Tetapi bagi merekayang berilmu dan memiliki kemampuan membaca solmisasi maka not not musik itu di taruk dihadapan mereka, maka secara otomatis seseorang bisa hadir  tampil dalam group  yang sedang melakukan konser. Bagi mereka yang pemahaman yang memadai dengan aturan notasi maka cukup sekali dengar maka Ia akan tahu persis  notasi yang mana yang harus dibunyikan. Dalam agamapun dikatakan bahwa Allah Swt akan menaikkan beberapa derajat bagi seseorang berilmu di atas mereka yang tidak memiliki atau menguasai ilmunya. Untuk diketahui bahwa mereka yang telah memiliki pemahaman masalah instrumen kemusikan itu juga membutuhkan tuntunan dari Allah Swt.

Dan satu lagi, bahwa dalam agama beribadah sholat berjama'ah itu akan lebih baik, maka kemnyataannya konser itu akan lebih menjamin kesempurnaan suara buila dibandingkan dengan main solo, kesalahan kesalahan yang kita lakukan dalam konser otomatis akan ditutupi oleh Tim, sementara solo akan lebih nampak bila melakukan kesalahan. Dalam agama sholat berjamaah akan lebih baik dibanding sholat sendirian.

Bila kita perhatikan dan renungkan dalam dalam bahwa pristiwa mendapatkan  tuntunan dalam memainkan instrumen adalah tidak terlepas dari tuntunan Tuhan, baik yang tidak  mampu membaca solmisasi alat musik atau mereka yang mampu sekalipun keduanya masih memiliki kebutuhan adanya tuntunan dari Tuhan. Tidak jarang bagi mereka yang terlalu pede dalam bermusik yang sering terbentur  dengan berbagai suara fals, tak sesuai dengan keinginan penyusuna nya.

No comments:

Post a Comment