Friday, September 28, 2018

ISLAM NUSANTARA DAN KONSEP PECAHBELAH



ISLAM NUSANTARA semakin lama semakin jelas ujudnya sebagai upaya memecah belah Islam glbal, sehingga Islam menjadi terpecah secara relatif, dan tak bedanya dengan pluraritas, yang satu merasa lebiuh dari yang lain sehingga kesimpulan akhir tak ada Islam yang disepakati karena semua bagian dari Islam itiu adalah sesuatu yang sangat mungkin diingkari, karena dalam Islam pluralis penuh dengan kajian kajian kritis terhadap sesama ummat Islam, sehingga Islam Nusantara adalah secara langsung dan tak langsung akan menyuburkan Islam pluralis.

Kajian Islam Nusantara sejatinya menjadi tersudut, walaupun NU secara Struktural menerimanya, tetapi sangat mengejutkan ketika Islam Nusantara ini merupakan perjuangan yang akan diusung oleh KH Makruf Amin terkait dirinya dipilih sebagai sesuatu yang akan diperjuanmgkannya, maka tentu saja ini menjadi masalah yang cukup mengejutkan. Apalagi selama ini kita tahu bahwa politik Presiden Jokowi tidak sejalan dengan aspirasi ummat Islam. Jokowi tak menginginkan Islam dikaitkaitkan dengan masalah politik, yang nantinya tentu saja akan mengait ke masalah ekonomi, sosial dan  bdayam, atau i-po-lek-sos-bud.

Tetapi nanti akan lebih bijak jika menunggu konsep yang mungkin sekarang sedang disusun sebagai visi, misi pasangan Jokowi - Makruf Amin, walaupun nantinya, berdasarkan pengalaman kita sekarang Jokowi tidak akan merasa trerikat dengan apa yang dikampanyekannya, walaupun Nawacita didengung dengungkan pada masa kampanye, nyatanya itu tidak terlalu mengikat bagi Jikowi setelah menduduki jabatannya. Bahkan sejumlah janjinya sama sekali tak digubris bahkan dilanggarnya sendiri. Artinya visi missin Jokowi - Makruf Amin tidaklah menjadi sesuatu patokan.

Selama ini serasa Islam seperti di kroyok oleh penganut skulair dan pemiran liberalis, tentang banyak hal yang dari sudut agama khususnya Islam yang berseberangan antara lain LGBT, zina dan lain lain yang telah banyak pihak yang memperjuangkannya sebagai pilihan. Mereka tak ingin diatur atur sampai ke masalah private seperti tidur berdua dengan siapa di kamar. Atas dukuingan Barat dan dengan biaya yang sangat memadai  nampaknya  mereka telah memiliki kemenangan demi kemenangan. Dan harus diakui bahwa posisi Islam dalam hal ini sedang tersudut. Islam kini sedang disudutkan oleh skularisme dan liberalisme, jangan sampai konsep Islam Nusantara justeru ditunggangi oleh konsep konsep yang menyudutkan Islam secara keseluruhan.


No comments:

Post a Comment