Thursday, November 7, 2019

PENELITIAN SUCCESFULL AGING PADA PWRI

RING ... NOMOR yang belum saya kenal berdering, nomorny dan bahkan fotonya muncul tetapi serasa saya belum menenalnya, Saya pikir dia salah sambung. nampaknya beliau memahami mengapa saya belum langsung mengangkatnya,rupanya dia  maklum dan segera aku dihubiungi lewat WA. Aku malu sekali, ternyata kami pernah berjumpa, dan Dia pernam membantuku mempertemukan aku dengan Ketua Jurusan Aqidah Filsafat pada Fakultas Ushuluddin UIN Raden Intan Bandar Lampung. Aku jadi malu dan gak enak hati.

Penelepon itu ternyata dia Ibu Khairiya Ulfa Dosen Fak Ushuluddin UIN Rd.Intan B,Lampung. Rupanya beliau akan melakukan penelitian tentang keberhasilam para lasia di masa Lansia, 60-70 tahun. di mana masyarakat Indonesia sekarang memiliki peluanh hidup yang besar pada Usia itu, setidakmnya itu sejalan keputuisan WHO, PBB, sehingga usia itu  masih dikategorikan sebagai Pemuda. Berdasarkan teori teori yang ada pada usia 60 hingga 70 tahun seseorang masih memiliki pelung memiliki kisah sukses baru.





Secara ringan banyak juga yang mengatakan bahwa seseorang pada usia 60-70 tahun itu dikatakan bahagia manakala  pada usia itu ada dalam keadaan sehat wal afiat, ataupun walaupun mengidap sakit tertentu namun tidak mengganggu kemampuan beraktivitas secara mandiri. Itulah kebahagiaan, atau setidaknya kebahagiaan akan datang menjemput.

Indikator yang paling gampang ditangkap mata oleh orang awam bahwa seseorang dikategorikan Succesful Aging setidaknya memiliki kesehatan yang prima atau setidaknya mampu mendukung seseorang mampu melaksanakan sesuatu yang memang harus dilakukannya tampa ada ketergantungannya kepada orang lain.

Tetapi tentu saja peneliti dengan dukungan sederet teori  jelas memiliki beberapa point sebagai ukuran apakah seseorang itu mencapai sucesful aging atau tidak.

Oleh karenanya kehadiran atau kedatangan Ibu Khoiriya Ulfa bear sangat besar arti dan manfaatnya bagi para Lansi yang tergabung dalam PWRI Lampung. Sudah saya infokan kepada Ibu Khiriya Ulfa bahwa  ada sejumlah grup PWRI yang melaksanakan pertemuan pertemuan rutin di Sekretariat Jalan Landak Kedaton Bandar Lampung. Mereka itu terdiri dari Pengurus bersama Anggota pada Tingkat UNIT, Kecamatan dan bahkan Tingkat Kota Bandar Lampung

Tidak jarang pertemuan itu dihadiri mendekati seratusan anggota/ Pengurus. Bila kebtulan bisa hadir dalam acara itu maka peneliti berkesempatan bisa membagi puluhan eksemplar kuesioner, dan sekaligus membimbing cara menjawabnya. Dan bagi para anggota yang dijadikan sampel dalam penelitian ini tentu saja mendapatkan kesempatan, untuk mendalami apa itu Succesful Aging, sehingga Ia tahu posisi dirinya, apakah sudah mencapai nya atau belum.

Oleh karenanya maka sesungguhnya penelitian yang dilakukan oleh Ibu Khoiriyah Ulfa itu bisa dimanfaatkan untuk menyerap keterangan sedalam dalamnya, karena Ibu Ulfa juga tentunya sangat menginginkan jawaban jawaban dari orang orang yang memahami kehendak dari penelitian ini, agar mampu mendapatkan asupan yang nbear yang akan mampu menghantar mengambil kesimpulan yang benar pula, sehingga akan bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment