Sunday, October 11, 2020

SEHARI DI SINGAPURA


SETUMPUK DOKUMEN FOTO foto yang kudapat pada saat saya sempat dahulu ke Singapura, semula saya ingin sekali lagi ke Singapura, tetapi sebelumnya saya harus memiliki sahabat dahulu di Singapura, walau hanya sahabat korspondensaja karena saya memiliki rasa penasaran tentang perubahan daeah Singapura yang maha dahsyat, di mana dahulu daerah ini merupakan daerah yang dihuni oleh pemakaio Huruf Huruf Jawi. Huruf Jawi adalah huruf leter Arab dalam bahasa Melayu, Huruf Jawi dipakai atau digunakan olrh penduduk, termasuk Singapura, Malaysia, Brunay, bahkan Thailan dan konon Fili[ina. Saya menjadi tertarik da;am hal ini karena ada naskah tulisan yang pristiwanya di Lampung dan dicatat oleh seseorang di Telukbetung, tetapi naskah ini justeru dicetak di Singapura, oleh Percetakan Bengkulu Singapura. Naskah itu terkenal dengan sebuah buku saku yang tipis saja,  dan ajaibnya naskah yang hanya beberapa lembar itu justeru kucar kacir, ada halaman yang diketemukan di Indonesia, dan juga halaman halaman lainnya diketemukan di Belanda. Naskah itu dihimpun kembali oleh oleh seorang dosen di Sumatera Barat, dan dengan naskah yang hanya beberapa lembar itu bisa menjadikan yang bersangkutan dinyatakan lulus S3 dan bahkan konon kini sudah Profesor. juga dengan cara hanya meneksploitir buku saku yang hanya bebera[a lembar itu. 

No comments:

Post a Comment