Sunday, September 15, 2013

IPD MENGKAMPANYEKAN HIDUP BERNIAGA

Tidaklah salah bila kita berharap Islam di Asia Tenggara menjadi kiblat perekonomian Islam, sejalan dengan harapan banyak pihak yang mengidamkan Indonesia akan muncul sebagai macan ekonomi di Asia setelah Jepang dan Korea Selatan, karena potensi untuk itu sejatinya sangat kuat, tentu saja Indonesia harus mampu keluar dari lobang jarum yang maha dahsyat, yaitu korupsi. Korupsi adalah ancaman terbesar yang akan membuyarkan idaman yang mulia itu. IPD akan mengkampanyekan agar generasi mendatang lebih banyak beraktivitas sebagai pelaku perniagaan dibanding ingin menjadi PNS. Apabila suatu saat nanti generasi yang akan datang 2 dari 10 adalah peniaga, pada saat itu korupsi benar benar tidak lagi menjadi batu sandung.

Tidak salah mengkampanyekan generasi muda untuk berniaga, karena Rasulullah SAW sebagai ikutan ummat Islam yang merupakan mayoritas di Indonesia adalah mayoritas. Muhammad SAW telah berniaga seak usia 9 tahun, beliau berniaga tidak kurang dari 25 tahun lamanya, dan hasilnya luar biasa. Pengasilan Nabi Muhammad SAW cukup mendukung keluarganya selama menjadi rasul, tampa harus disibukkan lagi dengan urusan bisnis, shingga beliau full melaksanakan dakwah sejak pemgangkatannya sebagai Rasul.

Ada tiga orang Rasul yang kayaraya, yaitu Nabi Sulaiman AS, Nabi Yusuf AS dan Nabi Muhammad SAW. Nabi Sulaiman AS kaya karena beliau seorang Raja, Nabi Yusuf AS kaya beliau seorang Perdana Menteri, sedang nabi Muhammad, SAW kaya karena beliau seorang peniaga. Beliau berniaga hingga menembus pasar Internasional, setidaknya ada tiga kali beliau berniaga ke luar negeri yang membutuhkan perjalanan selama tiga bulan dalam satu perjalanan. Dan kaya cara Nabi Muhammad SAW adalah yang paling mungkin bisa ditiru oleh siapapun, maka wajar saja bila mengkampanyekan kepada generasi mendatang untuk berniaga.
Mengkampanyekan sesuatu kepada generasi muda maka akan lebih intensif manakala kita kampanyekan sejak SD hingga SMA sederajat, bahkan sejak PAUD/ TK. Itulah sebabnya maka IPD memperogramkan untuk melaksanakan pelatihan pelatihan motivasi, karakter bangsa dan senam kecerdasan otak yang insya Allah akan memanfaatkan Brain Gym yang berkembang sejak tahun 1998.
Brain Gym adalah beberapa gerakan yang diciptakan semula untuk dijadikan olahraga senamnya anak anak yang membutuhkan pelayanan khusus, ternyata dengan gerakan ini anak anak itu berhasil belajar lebih mudah dan lebih cepat, lalu gerakan itu diujicobakan bagi anak anak normal juga menghasilkan sesuatu yang luar biasa bagi mereka, lalu gerakan itu bukan lagi diperuntukkan bagi anak anak, tetapu juga bagi orang dewasa dan bahkan manula untuk mengantisipasi ketuaan dan pikun. Gerakan brain gym ini dimaksudkan untuk mengaktifkan otak kita secara maksimal.
IPD juga mengkampanyekan pengaktifan otak kanan, karena dalam otak kanan itu terdapat intuisi, intuisi adalah sesuatu yang sangat berharga bagi pelaku bisnis dan perniagaan lainnya. berdasarkan hasil penelitian bahwa mereka yang sukses berniaga ternyata memiliki intuisi yang sangat dalam. Maka pelatihan pelatihan dimaksud tentu saja dimaksudkan untuk menghidupkan intuisi di otak kanan itu.

No comments:

Post a Comment