Sunday, September 15, 2013

Merubah Mindset Generasi Muda



Setelah 68 tahun kita merdeka, ternyata sebagian besar bangsa kita masih belum mencapai tingkat kesejahteraan yang menggembirakan dan bahkan kita nyaris kehilangan sesuatu yang sangat membanggakan dan dengan itu pula kita berhasil merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, sesuatu yang berharga itu adalah karakter dan budi pekerti. Karakter dan budi pekerti itu hilang sebagai akibat dari berbagai pilihan yang kita tempuh yang semula dimaksudkan juga untuk kesejahteraan dan kemajuan Bangsa Dan Negara. Karakter bangsa dan budi pekerti ini harus segera kita tanamkan serta kembangkan sebagai gerakan nasional.

Walaupun agak mengejutkan dan belum jelas ukurannya, tetapi dugaan para pakar bahwa otak yang diberikan kepada manusia rata rata baru dimanfaatkan sekitar di bawah sepuluh persen, tetapi setidaknya kita kita akan sependapat bahwa penggunaan otak dan daya pikir manusia belum maksimal, terbukti dari kemampuan kita memahami ajaran Tuhan sehingga kebijakan kebijakan dan pilihan pilihan kita bersama justeru mendatangkan banyak malapetaka.

Sebenarnya peluang kita untuk menyelamatkan anak bangsa di masa mendatang masih terbuka luas,  kita masih memiliki kemampuan untuk melaksanakan pendidikan karakter bangsa, budi pekerti dan sekaligus menyegarkan serta mengembangkan otak putera dan puteri kita semua, agar mereka mampu berfikir dan berbuat lebih baik dari kita sebagai orang tuanya.

Senam Otak Barin Gym berkembang sekitar tahun 1998 yang semula diperuntukkan bagi anak anak yang membutuhkan pelayanan khusus, tetapi belakangan ternyata sangat bermanfaat juga bagi anak anak normal, bahkan orang dewasa serta lansia. Pelatihan bagi guru dan siswa SD diyakini akan meningkatkan prestasi  dalam proses pembelajaran seperti yang banyak dibuktikan oleh para peneliti mahasiswa S3, dan bahkan sangat bermanfaat bagi masa depan anak yang kelak akan menghadapi tantangan yang lebih berat.

Kami menawarkan diri untuk memberikan pelatihan singkat kepada peserta didik, sekaligus kepada para pendidik dan warga sekolah lainnya, sehingga apa yang kami sampaikan selanjutnya dapat ditindaklanjuti oleh sekolah yang bersangkutan. Dengan mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan insya Allah para siswa dapat termotivasi untuk membangun tatanan hubungan dengan orang tua, warga sekolah dan masyarakat,  serta mampu mencapai prestasi tinggi dalam pendidikan dan mampu mencapai cita cita yang diinginkan.

Bentuk Kegiatan.

Pelatihan ini dilakukan dalam bentuk penyampaian ceramah motivasi  dan pelatihan senam otak. Ceramah motivasi  dapat dilakukan maksimal paling cepat dalam 2 jam, selanjutnya wrga sekolah dapat melaksanakan pelatihan senam dengan tuntunan vedeo yang akan kami serahkan kepada sekolah yang telah memanfaatkan jasa kami.

Materi ceramah antara lain berisikan :
1.      Perihal peranan hubungan baik antara anak dan orang tua dalam mencapai prestasi pendidikan dan cita cita.
2.      Perihal peran hubungan baik antara anak dan pendidik, tenaga kependidikan serta warga sekolah lainnya, teman bermain, sanak famili  dan masyarakat luas dalam mencapai prestasi belajar dan cita cita hidup.
3.      Penanaman semangat untuk membangun diri sebagai insan yang mulia, mampu menata masa depan, kreatif dan inovatif.
4.      Dan lain lain

Anak anak kita perlu mendapatkan motivasi dan pencerahan agar menempuh study penuh dengan rencana dan program untuk selalu berprestasi dalam proses pendidikan dan mandiri setelah menyelesaikan studinya. Yaitu memiliki semangat kewirausahaan dan semangat untuk beraktivitasdalam dunia perniagaan. Pada saat ini berdasarkan informasi yang layak dipercaya bahwa dari 100 penduduk Indonesia hanya 10 orang yang memiliki  semangat dan bergerak dalam bidang usaha, tetapi sayang dari 10 orang itu ternyata hanya 2 orang yang konsisten dan berlanjut, sehingga praktiknya dari 100 orang hanya 2 orang yang berniaga.

Kita semua harus mendukung menuju program yang mengupayakan agar dari 10 orang penduduk terdapat 2 orang yang berniaga atau berusaha dan membuka lapangan kerja bagi yang lainnya, untuk  menncapai itu semua maka semangat berusaha dan berniaga harus kita tanamkan sejak dini. Sebenarnya menanamkan semangat berwirausaha ini dapat kita tanamkan bukan setelah SLTA atau kuliah semata, tetapi harus kita persiapkan sejak anak masih dalan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Senam Otak Dimaksudkan untuk :

1.      Meningkatkan kemampuan daya baca.
2.      Untuk meningkatkan kemampuan menulis
3.      Untuk meningkatkan kemampuan berfikir.
4.      Dan lain lain

Senam otak ini bukan hanya dibutuhkan oleh para peserta didik untuk mencapai prestasi belajar belaka, tetapi juga sangat dibutuhkan oleh orang dewasa dan bahkan para lansia untuk meningkatkan berbagai kemampuan yang ada serta mampu bertahan dari penyakit pikun serta penuaan dini, dengan senam otak kita masih tetap dapat berfikir prima, sehingga mampu beribadah sepanjang hayat.

Sistem belajar siswa selama ini lebih banyak memperkokoh otak kiri, memang pada otak kiri itu terdapat kekuatan analisis. Kecenderungan pembelajaran dengan pendekatan akademis  telah menghidupkan otak kiri, sementara otak kanan dan tengah kurang diberdayakan. Padahal otak kanan terdapat intuisi, yang kita tahu pada otak kananlah terdapat kreasi. Kita harus menyeimbangkan keberfungsian otak bagi generasi mendatang. 

Dalam senam otak dilakukan pelatihan untuk menghidupkan kemampuan seseorang bekerja secara billateral dengan cara memperkuat otak tengah yang akan mengkoordinasikan otak kanan dan otak kiri. Dengan demikian gerakangerakan penyeimbangan otak kanan dan otak kiri menjadi gerakan utama dan awal yang sangat penting.

Senam otak ini juga akan langsung dirasakan manfaatnya bagi anak anak kita yaitu untuk  melakukan gerakan visual secara harmonis dalam membaca, sehingga dalam aktivitas membaca tidak cepat mengalami kelelahan, bahkan justeru sebaliknya akan mengalami kenyamanan dalam belajar. Dan banyak lagi manfaat lainnya, karena dalam senam otak juga akan diberikan gerakan gerakan yang memberikan kekuatan dan kemampuan dalam berfikir dan menghitung, dan yang paling istimewa adalah senam otak memiliki kekuatan untuk menghidupkan intuisi yang sangat dibutuhkan dalam berniaga.

Peserta Pelatihan.

Pelatihan ini lebih stadium general, sebaiknya dihadiri juga oleh guru dan siswa secara bersamaan. Pelatihan ini bukan sekedar memancing opini, tetapi menghendaki penindaklanjutan di kelas, oleh karenanya dibutuhkan kesepahaman antara guru dan siswa dalam menindaklanjuti program ini.. Seperti olahraga otak umpamanya, yang idealnya dilakukan bersama, bergembira di luar kelas. Tetapi karena kegiatan ini banyak pilihan, maka dapat juga dilakukan dalam ruangan dan bahkan ditempat duduk masing masing. Gerakan pokok dari senam otak sebagian besar justeru dapat dilakukan ditempat duduk masing masing, diawal pelajaran, yang apabila hal ini rutin dilakukan atas perintah dan bimbingan masing masing guru yang akan memulai kegiatan pembelajaran, akan memberikan efek yang luar biasa. 


Waktu Yang dibutuhkan.

Untuk paket hemat waktu yang dibutuhkan sekitar 90 menit, sementara paket lengkap harus dilaksanakan dalam tempo 3 jam. Bagi guru dan siswa SD memanfaatkan paket hemat dapat dianggap cukup.  Namun demikian hendaknya masalah waktu dapat disesuaikan dengan kondisi, karena setidaknya para peserta dalam mengikuti pelatihan ini, selain mengikuti uraian motivasi dan karakter bangsa juga  harus mengenal gerakan dasar senam otak, karena senam otak akan lebih menggembirakan bila dilakukan bersama sama.  Tetapi bila pada waktu yang telah ditentukan peserta  dianggap cukup mahir dan selanjutnya dapat melaksanakannya secara berkelompok mandiri, maka pelatihan dapat dianggap selesai.



No comments:

Post a Comment