Wednesday, December 3, 2014

Menindaklanjuti Sosialisasi dan Pelatihan Kita.

 
Alhamdulillah acara Sosialisasi/ pelatihan dan kampanye hidup berniaga yang lama direncanakan akhirnya selesai juga, secara subjektif akan kita katakan penyelenggaraannya terbilang berhasil, secara objektifnya adalah karena seluruh yang kita undang sebagai peserta ternyata hadir mengikuti acara hingga selesai dan 95%-an materi dapat ditayangkan. Lalu apakah hasilnya sudah dapat kita lihat sekarang juga ... ? Tentu saja belum, sebagaimana hasil dari pelaksanaan pendidikan baru akan nampak beberapa tahun yang akan datang.
Menurut setting program ini dengan berhasilnya sosialisasi dan pelatihan bukan berarti program ini selesai, melainkan baru dimulai, ini baru langkah pertama, yang akan disusul oleh langkah berikutnya, yaitu penindaklanjutan sosialisasi dan pelatihan. Penidaklanjutan ini akan diprogramkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan guru Olahraga Kesehatan.

Seperti yang telah disepakati bersama antara penyelenggara dan peserta khususnya guru PAI dan guru Olahraga/ Kesehatan yang setelah melaporkan kepada Kepala Sekolah masing masing lalau masing masing guru harus melakukan program penindakl;anjutan sosialisasi dan pelatihan. Guru PAI memiliki program yang sama dengan Guru Olahraga Kesehatan tetapi keduanya harus memiliki sinergi karena antara keduanya memiliki keterkaitan yang tidak terpisahkan. Demikian juga dengan Pengawas dari Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung yang juga ikut dalam program ini.

Semanagat Fastabiqul khoirot.
Pelaksanaan nilai nilai kearifan lokal Lampung Piil Pesenggiri dengan semangat fastabiqul khairot. Nilai nilai dalam kearifan lokal Lampung diajarkan secara terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya. Nilai nilai Piil Pesenggiri yang terdiri dari produktif, kompetitip, kooperatip dan inovatif. diintegrasikan dalam materi pelajaran, dengan prinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemaren. Siswa didorong untuk saling berlomba dalam


Ibadah Praktis. 
Kepada guru PAI diharapkan dapat merancang format pengendalian pelaksanaan ibadah praktis siswa baik disekolah maupun di rumah ataupun ketika ada di masyarakat. dengan format isian itu maka guru dapat mengkontrol ibadah praktis yang dilaksanakan oleh siswa. Ibadah praktis yang dapat dikontrol antara lain sholat lima waktu plus sholatullail dan sholat dhuha.
Yang sangat menggembirakan adalah adabya kesepakatan diantara para peserta dari unsur siswa yang ajkan melakukan sedrjah srtiap hari dengan cara menyisihkan uang jajan sebesar Rp. 1000,00- (seribu rupiah)   perhari.

Gerakan Bersedekah.

Sungguh sangat membanggakan kesepakatan para peserta dari unsur siswa untuk bersedekah dengan cara menyisihkan uang jajan sebesar seribu rupiah perorang perhari. Bila ada lima ratus anak yang berkomitmen dengan program gerakan bersedekah inimaka dua hari telah terkumpul dana sebesar Rp.1.000.000,00- (satu juta rupiah) atau ada Rp. 10,000,000,00- (sepuluh juta ripiah) setidaknya dalam 1 bulan saja.

Bisa dibayangkan bila murid sekolah itu mencapai 1000 orang, maka siswa dapat mengumpulkan dana sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta) perhari, bayangkan banyaknya berapa uang terkumpul dalam satu bulan, satu tahun, tiga tahun dan seterusnya. Jangan kaget bila suatu saat sedekah para siswa ini jauh melebihi jumlah uang yang ada di kas lembaga lembaga resmi Kepala bentukan Kepala Sekolah atau para guru guru.

Memahirkan Senam Brain Gym.

Adalah merupakan tugas para guru Olahraga / Kesehatan untuk menghapal/ memahirkan gerakan brain gym. Untuk tahap awal cukup gerakan gerakan yang dapat dilakukan ditempat duduk masing masing, ada beberapa pilhan gerakan yang sebenarnya memiliki efek yang sama, itu dapat dipilih mana yang disukai saja. Langkah berikutnya nanti gerakan gerakan yang dilaksanakan secara massal di lapangan, gerakan diiringi musik.
Para guru olahraga yang mengikuti program ini telah bersepakat akan akan melaksanakan senam ini hingga mahir semahir mahirnya, murid murid peserta pelatihan ini akan dimanfaatkan sebagai peragaan jurus gerakan brain gym.

Apabila semua program ini telah terlaksana dengannbaik oleh sekolah sekolah peserta sosialisasi dan pelatihan ini maka tiba saatnya pelatihan ini akan diperlebar melalui farum Kepala Sekolah. semoga.




No comments:

Post a Comment