Saturday, December 2, 2017

Pimpinlah Ummat Dengan Pola.

Ust. Dr. Bukhori A. Shomad, pagi ini menyampaikan tausiah ba'da subuh di Minggu pagi 3 Desember 2019 di Musholla Al-Jihad Perumahan Korpri Bandar Lampung, mengatakan bahwa kepemimpinan ummat Islam terutama tingkat terbawah umumnya tidak memiliki pola kepemimpinan yang baik, sehingga situasi yang dihadapi oleh ummat  Islam sekarang sangat memperihatikan. Di segala segala lini ummat terancam, segala lini kita tidak dominan sehingga sekalipun mayoritasd, tetapiposisi ummat Islam bagaikan minoritas, antaralain itu dikarenakan kepemimpinan selama ini lalai, kalau tak ingin dikatakan kalah oleh kelompom lain yang tidak mengehndaki Islam berkembang di Indonesia.

Kepemimpinan ummat Islam itu hendaknya dimulai dari 'Kita ini siapa,akan menuju ke mana dan bagaimana cara menujunya'  sesuai dengan kaidah Islamiyah. Para ahli manajemen banyak menyebutnya dengan POAC Planning, Organizing, Actuating, dan Controling, artinya berpola, maka kepemimpinan ummat terutama yang ada di akar rumput harus berpola. Utamanya setiap keluarga harus menjadi keluarga terpimpin dengan Kepemimpinan yang syar'i kata beliau. Marilah kita pimpinan isteri dan anak anak kita agar menjadi keluarga yang Islami, kita terapkan pendidikan keluarga dengan pendidikan Islam.

Dengen menerapkan pendidikan keluarga secara Islami maka dengan demikian akan terbentuk komunitas Muslim dan dengan terbentuknya komunitas muslim yang terdiri dari keluarga keluarga yang Islami itu. Kelyarga Islami itu akan terbentuk manakala sebagai orang tua kita memiliki kemampuan mewarnai anak anak kita. Pada saat ini anak anak kita lebih dikuasai oleh medsos ketimbang oleh para guru, dan orang tua sekalipun. Oleh karenanya anak anak sangat membutuhkan arahan dari para ulama, demikan kata beliau.

Akhir akhir ini akan terasa sekali bahwa orang orang yang kita anggap ulama dan menjadi panutan dari kita semua, apalagi sebagai tokoh organisasi, ternyata banyak diantaranya ulama ini itu yang membingungkan. Demikian tanya seorang jama'ah. Dr. Bukhori A Shomat, dalam kesempatan itu juga menjelaskan adanya ulama yang robbani memberikan petunjuk yang benar, dan ada ulama yang Syu', ulama yang fatwanya membingungkan, karena mendasarkan fatwanya atas berbagai kepentingan duniawi. Saya tidak akan menyebut nama kata beliau, tetapi bisa kita lihat di medsos karena mereka sengaja diviralkan justeru oleh mereka sendiri tampa malu malu.

Di bagian akhir tausiyah beliau memperingatkan kepada jama'ah, demi waktu sessungguhnya kita semua dalam kerugian, kecuali yang beriman dan beramal shoileh serta saling wasiat mewasiati antar sesama dalam kebenaran dan kesabaran. Untuk marilahlah kita arahkan keluarga kita untuk dekat dengan masjid, dan marilah kita memberikan antisipasi agar musholla ini kita isi dengan berbagai kegiatan untuk kebutuhan pendidikan keluarga. Musholla Al Jihad, Perum Koprpri, Korpri Raya, 3 Desember 2017.

No comments:

Post a Comment