Thursday, July 26, 2018

KEHADIRAN PWRI HARUS DIRASAKAN MANFAATNYA



KINI KALI KEDUA saya menghadiri pertemuan di PWRI Lampung, kedua duanya sempat dihadiri oleh Ketua PWRI Lampung periode 2018-2022 yang menurut rencana akhir bulan Agustus nanti baru dilantik. namun beliau berkenan ketika didapuk memberikan sambutan, sambutan kali kedua ini tidak kalah penting dibanding kali pertama. Dalam sambutannya beliau mengatakanbaru sebagian yang lebih kecil para pensiunan PNS yang bergabung dengan PWRI, sisanya masih enggan bergabung, padehal PWRI ini adalah wadah tunggal yang bersekala nasional. Mungkin ada beberapa hal yang mengakibatkan keengganan itu.

Oleh karenanya adalah merupakan tugas bagi kita semua yang tergabung dalam kepengurusan PWRI pada semua jenjang dan jajarannya, Untuk memberikan pejelasan tentang status dan fungsinya serta manfaat dan keuntungan lainnya bergabung di PWRI. Beliau mengatakan bahwa kita semua harus tahu betul bagaimana kondisi seseorang atau keluarga atau lembaga yang sudah memasuki masa prnsiun. Lalu untuk dijeloaskan apa manffatnya dalam rangka mengantisipasi ataupun mengupayakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi itu,

Jelas ini merupakan janji seorang Ketua sebagai resiko pengembanan tanggungjawab yang harus diusung dan dituntaskan hingga akhir masa jabatan untuk dipertanggungjawabkan dihadapan forum sebagai jenjang tertinggi pengambilan Keputusan ditingkat Pengda Provinsi sesuai dengan tuntunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi PWRI yang berlaku. Perlu kita simak bahwa struktur Kepengurusan  dalam tubuh Organisasi PWRI adalah merupakan sinyal sebagai gambaran dari rencana besar yang direncanakan. Maka adalah sangat pantas nampaknya bila Ketua sejak sekarang  telah mencoba mengangsur penyampaian informasi yang harus disampaikan utamanya bagi personal yang akan terlibat dalam penyelenggaraan program, yang dituntut untuk dirasakan manfaatnya bagi para anggota.

Untuk itu maka yang paling dibutuhkan oleh pngurus sekarang adalah teridentifikasinya permasalahan  yang dihadapi oleh para pensiunan. Kita meyakini bahwa rupa dan jenis permasalahan yang dihadapi oleh para pensiunan itu semakin lama akan semakin terinci. Pada Awalnya barangkali kita hanye memiliki kemampuan menangkap hal hal global dan  menonjol saja, tetapi manakala data itu kita inventarisir dengan baik, maka kita yakin bahwa jumlah dan jenisnya akan semakin berkembang, sejalan dengan semakin kompleksnya kebutuhan dalam kehidupan masa tua. Karena masa tua bukan akhir dari segalanya, bisa jadi kita telah memasuki dunia baru kita yang harus teridentifiukasi secara tubtas.

Hasil identivikasi ini akan disebut tuntas manakala Pengurus juga memiliki kemampuan untuk menterjemahkannya ke dalam program. Sehingga program dan keberadaan PWRI ini akan dirasakan manfaatnya bagi para anggota, dan para pensiunan memiliki ketertarikan karena terasa besar manfaatnya bagi mereka. Kita yakin, dengan pengalaman kerja kerja para pengurus bisa dimanfaatkan untuk mengusung tanggung jawab yang sangat berat ini. semoga.

No comments:

Post a Comment