Monday, January 29, 2018

212 MART HARAPAN BARU UMMAT

BERDIRINYA 212 Mart di berbagai tempat adalah harapan baru bagi ummat, sebelumnya telah banyak berdiri dan bahkan telah berhasil menarik minat pembeli adalah dengan kelebihan dan kecanggihan layanan serta kelengkapan barang dagangan yang disiapkan oleh berbagai Mart, utamanya Indomart dan Alfamart, Indomart dan Alfamart sekaligus membantah bahwa warung yang satu adalah musuh bagi warung yang lain, karena Indomart dan Alfamart ternyata walaupun berda manajemen kenyataannya mereka seperti saling menghidupkan, apa yang ada di Indomart akan ada juga di Alfamart, kecuali yang memang merupakan produknya sendiri masing masing. Perusahaan semacam ini ternyata mampu memikat pembeli sehingga semakin hari semakin banyak cabangnya.  Andai didapatkan harga yang sedikit mahal, atau harga yang ditulis dipajangan terkadang beda dengan harga di struk belanja beda dan lebih mahal, tetapi masih dianggap wajar saja oleh pembeli karena dianggap masih sebanding dengan kenyam,an yang mereka dapatkan dalam berbelanja, walaupun muncul sejumlah insiden buruk..



Sayang keberadaan minmarket semisal tersebut di atas selain memberikan kenyamanan dan kemanjaan kepada pelanggan, dalam waktu bersamaan juga telah berhasil bertindak sebagai algojo pembunuh warung warung kecil milik ummat jelata. Puluhan bahkan mungkin ratusan ribu minmarket semisal di atas telah bermunculan dan juga berlaku sebagaialgojo pembunuh warung warung kecil milikl ummat yang terbunuh dan tak berdaya. Mereka berhasil disingkirkan dari dunia perniagaan untuk selanjutnya digiring untuk berkubang dilembah kemiskinan. .Kehadiran Indomart dan Alfamart jelas sudah merupakan pembunuh bagi warung warung kecil, yang mengumpulkan keuntungan seratus dua ratus rupiah, sekedar menutup kebutuhan keluarga. Data sangat transparan dan seperti tak membutuhkan analisis mendalam dengan literatur yang lebih terpilih.

Kemunculan 212 Mart adalah dalam rangka memanfaatkan dana pribadi milik ummat Islam untuk dibelanjakan kepada pihak Islam jiga, karena sekian persen dari keuntgungan Alfamart dan Indomart ditenggarai diperuntukkan bagi lembaga lembaga non Islam. Dan jika seandainya para ummat Islam berbelanja di 212 Mart maka dana sebenaykitu bisadimanfaatkan untuk kepentingan ummat, itu jika mampu meyakinkan ummat untuk berbelanja di 212 Mart  eepadan Alfamart dan Indomart.

Kehadiran 212 Mart hendaknya tidak sebatas mengambil alih peran pendahulunya, Alfa Mart dan Indo Mart, yang paling paling hanya bisa membesarkan kualitas dan kuantitas 212 Mart. Yang paling penting adalah memiliki konsep bagai cara meningkatkan kemampuan perekonomian ummat. Tidak akan banyak manfaatnya bagi ummat manakala produk yang dijajakan oleh 212 Mart tak ubahnya apa yang disajikan para pendahulkunya. Jangan sampai 212 Mart berfungsi pula untuk membunuh sekian banyak warung warung milik perorangan ummat. 212 Dituntut memiliki konsep bagaimana memebsarkan warung warung milik ummat.

Dalam waktu yang bersamaan ummat hendaknya dibimbing untuk memiliki konsep serta menerapkannya untuk memberdayakan masyarakat memiliki produk yang layak jual. Bagaimana dengan kehadiran 212 Mart p[roduk produk itu semakin dikenal juga digandrungi oleh ummat, 212 Hendaknya menghimpun tenaga yang memiliki kemampuan membina ummat agar memiliki produk yang berkualitas dan layak jual.

Kehadiran 212 Mart hendaknya dirasakan kemanfaatannya oleh ummat sehingga memiliki kemampuan membuat produk produk yang lebih berkualitas dan lebih terjamin kehalalannya, kecurangan para produsen yang dengan sengaja memasukkan unsur unsur babi dan  barang haram lainnya pada produk mereka hendaknya harus dibuat jera sejera jeranya, sehingga barang mereka benar benar tidak laku diakibatkan unsur keharaman yang memng sengaja mereka selipkan sebagai praktek curang mereka. Ummat memang butuh perlindungan agar tidak mengkonsumsi atau memakai sesuatu yang tidak halal secara syar'i.

Yang kedua warung warung ummat juga harus mendapatkan pembinaan serta bimbingan agar mereka memiliki skill dalam berniaga juga mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan barang dagangan, dengan harga yang miring sebagai penjual, sehingga mereka tidak harus dan terpaksa menjual produk itu dengan harga di atas harga 212 Mart.

Untuk itu sejatinya 212 Mart memiliki peluang bersalaman dengan ummat jauh lebih terbuka dibanding pihakmanapun, manakala semua pihak memiliki kesepakatan untuk memanfaatkan masjid, surau atau musholla menjadi sarana yang memiliki kemampuan mempertemukan para pihak untuk memiliki kesamaan pandang dalam menentukan penyeragaman visi missi untuk merealisasikan dan mengembangkan semangat serta cita cita yang dibangun melalui kegiatan penyatuan dan penyampaian aspirasi 212 yang kita bersama sama menilainya sebagai sesuatu yang sukses membuktikan betapa sangat beradabnya ummt Islam di Indonesia. Sudah saatnya dan gilirannya kita membuktikan bahwa saatnya ummat Islam bangkit perekonomiannya. Ini yang diharapkan oleh ummat.




No comments:

Post a Comment