Wednesday, January 17, 2018

BERDAYAKANLAH ALUMNI, MENGAPA TIDAK !?


Jika tidak salah dalam menilai, ingin saya katakana bahwa pemberdayaan alumni oleh almamater IAIN Institut Agama Islam Negeri, Rd. Intan, sekarang Universitas Islam Negeri (UIN), sama sekali tidak maksimal. Tidak optimal, atau istilah lain yang menggambarkan kurangnya upaya pemanfaatan keberadaan alumni. Padahal alumni adalah sosok yang telah dididik oleh almamaternya dan salah satunya diajarkan ilmu penelitian, dan selain memiliki  pengetahuan juga telah memiliki pengalaman meneliti, karena telah diwajibkan melakukan penelitian tetkala menyusun skripsi, thesis dan bahkan disertasi. Artinya seorang alumni memiliki pengetahuan dan keterampilan merumuskan masalah, mengumpulkan data, menganalisa data menyusun laporan, sertas mempertahankan akurasi data serta serta korelasi antara permasalahan, judul serta metode yang dgunakan dan selanjutnya dan selanjutnya.
Yang ingin saya katakana bahwa lumni itu adalah orang pilihan dan memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu yang tak dapat dilakukan oleh orang orang biasa. Yang menjadi pertanyaan kita semua adalah mengapa kemampuan pilihan para alumni itu tidak dimanfaatkan untuk memiliki sejumlah data dan fakta di masyarakat, sehingga memberikan arahan kepada lembaga yang membawahi dan mengelola masalah penelitian dan pengabdian masyarakat, yaitu dua dari tiga Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian. Yang dalam pelaksanaanya memang membutuhkan sejumlah informasi, informasi adalah data yang teranalisis. Dan secara standar alumni memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk merumuskan dan menyampaikan data yang telah dilengkapi menjadi informasi itu. Lembaga penelitian dan pengabdian IAIN atau UIN.
Untuk itu memang pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian atau yang mengelola Penelitian dan Pengabdian itu harus membuat rumusan sesungguhnya data dan informasi seperti apa yang dibutuhkan, serta  tawaran metode yang digunakan, dan bagaimana format pelaporannya,  yang sangat mungkin dapat dilakukan oleh setiap alumni, dengan cara yang paling sederhana dan paling praktis. Dan Media yang digunakan cukup dengan menggunakan HP Android secara cepat. Memang baik Pimpinan atau Pengelola Lembaga Penelitian dan Pengabdian IAIN/UIN dan alumni tidak gaptek dengan teknologi komunikasi dengan memanfaatkan teknologi HP dengan segala fasilitasnya dengan cara memanfaatkan model model acun yang siapapun dapat memilikinya, untuk memanfaat fasilitas media social seperti FB, WA, BB, Instagram, atau email dan lain sebagainya.
Untuk ini memang dibutuhkan komunikasi yang terarah antara pihak Institut atau Universitas dengan sejumlah alumni serta terbentknya berbagai kesepahaman antara alumni di satu pihak dengan pihak Institut / Universitas dipihak lain. Kedua pihak memang harus dilatih untuk menguasai teknologi yang memang gampang gampang susah ini, artinya kemampuan ini juga adalah sesuatu yang harus dibangun secara bersama. Tampa unpaya untuk membangunnya, maka bangunan ini akan sulit terwujud. Mendirikan bangunan ini harus dengan kesamaan kesamaan sehingga dapat dibangun kekuatan yang utuh.




No comments:

Post a Comment