Saturday, November 10, 2018

GONDORUWO DI SEKITAR PRESIDEN ?




GENDERUWO itulah nama yang diberikan oleh Presiden Jokowi kepada politisi yang banyak mengganggunya, Lalu apa sich gendruwo itu, ini adalah sedikit info dari hal yang memang masih sedikit dikuakkan pihak yang telah akrab dengan istilah Gendruwo.Gendruwo adalah : Figur patung Genderuwa yang diarak dalam Upacara Tradisional Bekakak di Desa Ambarketawang, Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Genderuwa (dalam pengucapan Bahasa Jawa: "Genderuwo") adalah mitos Jawa tentang sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Genderuwa dikenal paling banyak dalam masyarakat di Pulau Jawa, Indonesia. Orang Sunda menyebutnya "gandaruwo" dan orang Jawa umumnya menyebutnya "gendruwo". .

Habitat hunian kegemarannya adalah batu berair, bangunan tua, pohon besar yang teduh atau sudut-sudut yang lembap sepi dan gelap. Menurut mitos, pusat domisili makhluk ini dipercaya berada di daerah hutan seperti Hutan Jati Cagar Alam Danalaya, kecamatan Slogohimo, sekitar 60 km di sebelah timur Wonogiri, dan di wilayah Lemah Putih, Purwosari, Girimulyo di Kulon Progo, sekitar 60 km ke barat Yogyakarta.

Waktu anak anak saya pernah menonton sandiwara tentang genruwo. bahwa genruwo itu makhluk yang paling jelek, tetapi dengan kesaktiannya Ia mampu merubah diri sebagai sosok yang paling ganteng. Dalam ceritera itu dipertontonkan alkisah seorang perempuan cantik ditinggal suaminya yang ganteng sehubungan ada keperluan untuk krlusr kota dengan menginap selama tiga Tetapi karena target tak tercapai maka dengan berat hati tugas itu baru diselessaikan setelah hari kelima, dan pulangpun terlambat.

Di lain adegan isteri yang cantik itu sangat gembira menerima kedatangan suami tercinta yang pulang tepat waktu, ditinggal selama tiga hari membuat rindunya yang tertahan segera terlampiaskan, segala layanan sebagai isteri yang baik diberikan kepada suami tercinta. Rumah dibuat serapih mungkin, makananpun dihidangkan semua yang sedap sedap, jangan tanya lagi pelayanan di ruang privat, adalah sesuatu yang paling mengesankan.

Malapetaka dihari kelima sang suami datang dengan meminta maaf atas segala keterlambatannya, hingga baru pulang di hari kelima itu. Betapa terkejutnya sang isteri setelah sadar bahwa selama dua hari itu dia telah melayani segala nafsu bejat so Gondoruwo yang menyaru suami tercibta.

Itukah yang dimaksud Jokowi.
Bahwa ada politisi dedemit, yang sesungguhnya tak layak jadi politisi.
Tetapi dia menyaru menjadi politisi
Jika Presiden Jokowi benar, maka Indonesia dalam bahaya.

Dengan keahluiannya menyaru Genderuwo yang sesungguhnya bertempat di posisi pecundang dan hina maka Genderuwo bisa berada di tempat terhormat, sehingga Genderuwo bisa berada di kubu Prabowo dan sangat bisa berada di kubu Jokowi, tetapi biasanya genderuwo lebih suka menyaru di tempat yang sedang jawa, dalam ceritera rakyat genderuwo menyaru sebagai suami kaya raya dan memiliki perempuan cantik, Itu ceritera sandiwara yang perbah saya tonton sewaktu kecil dahulu.

No comments:

Post a Comment