Monday, November 6, 2017

NGOPI ... AGAR TAK PIKUN



Disaat saat saya sedang mempertimbangkan untuk berhenti minum kopi yang selama ini saya biasa melakukan tiga hari dalam sehari, kecuali sedang perpuasa, saya sekali saja. Tiba tiba terbaca oleh saya bahwa ngopi adalah salah satu cara untuk menghambat pikun atau dalam bahasa kesehatan disebut demensia. Dalam akhir akhir ini  setelah jarang presentasi, di mana sebelumnya presentasi selalu saya lakukan secara terjadual hampir setiap minggunya, ketika menemui beberapa pejabat di Lingkungan Dinas Pendidikan sebagai salah satu pemangku kepentingan, terkait tugas saya dalam memaksimalkan pelaksanaan  Standar Pelayanan Minimal (SPM) Lingkungan Dikdas daerah setempat. Kegiatan berakhir bulan Januari 2017. Baru tanggal 2 November 2017 lalu saya kembali berkesempatan presentasi saya mengalami kesulitan mengingat ingat istilah sesuatu yang sejatinya dahulu sering saya sebut dan sering saya tuliskan. Tetapi istilah itu terlupa oleh saya, hingga selesai presentasi. Berdetak dalam hati, jangan jangan gejala awal kepikunan sudah menghinggapi saya.

Dalam saya mencari cari tulisan tentang kepikunan atau demensia. Tiba tiba saya menemukan tulisan tentang manfaat minum kopy danm salah satu manfaatnya adalah menunda kepikunan. Dalam tulisan itu dijelaskan bahwa penyakikt alzheimer dapat dihambat dengan membiasakan minum kopi adalah dipengaruhi oleh senyawa polifenol yang terdapat dalam kopi sebagai zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan otak, dan kandungan kafein dalam kopi juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya plak amiloid serta mencegah terjadinya kerusakan neurofibrulary yang menjadi sumber penyebab terjadinya penyakit alzheimer.

Jelas saya sangat berharap para dokter terus melakukan penelitian tentang hal ini, apalagi diberitakan masih adanya perbedaan pendapat perbedaan pendapat dikalangan dokter tentang hal ini, namun hendakmnya dijadikan tantangan manakala penelitian ini ada kemajuan, maka berarti peluang bagi Bangsa Indonesia senagai salah satu [penghasil kopi dapat membantgu masyarajkat untuk memiliki otak yang baik, yang sehat dan tak mudah terkena penyakit pikun. semoga. 


No comments:

Post a Comment